Analisis Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) untuk Mengatasi Hambatan Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Transisi ke SD/MI di Kelompok B RA Dewi Masithoh Sumberejo Geger Madiun

  • Ummu Habibah STAI Nahdlatul Ulama' Madiun
  • Sri Shilia P.P. STAI Nahdlatul Ulama' Madiun

Abstrak

Transisi dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke jenjang Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) kerap menimbulkan berbagai hambatan pembelajaran bagi anak, seperti kesulitan beradaptasi dengan rutinitas baru, tuntutan akademik, dan kurangnya kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberian Pekerjaan Rumah (PR) sebagai strategi dalam mengatasi hambatan pembelajaran selama masa transisi di Kelompok B RA Dewi Masithoh, Sumberejo, Geger, Madiun. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian PR yang terarah, khususnya dalam kemampuan menulis dan berhitung, serta disesuaikan dengan tahap perkembangan anak, mampu meningkatkan kesiapan belajar dan kemandirian peserta didik. Efektivitas PR sangat bergantung pada keterlibatan orang tua dalam mendampingi anak di rumah. Dengan demikian, pemberian PR secara terencana dan kolaboratif menjadi strategi efektif dalam menjembatani proses transisi anak usia dini menuju pendidikan dasar yang lebih formal.

Diterbitkan
2025-05-07
Bagian
Articles