Pengembangan Program Pemasaran Pendidikan Islam
Abstrak
Dewasa ini dunia telah memasuki era globalisasi sehingga berdampak pada perubahan iklim yang kompetitif di segala lini. Globalisasi merupakan bentuk kekuatan pemicu perubahan di segala segmen kehidupan. Sehingga yang terjadi adalah peningkatan persaingan yang tinggi di segala bidang, termasuk di bidang pendidikan. Iklim yang dinamis ini, sulit bagi organisasi untuk bertahan dengan baik termasuk menggembangkan diri dan memenuhi tuntutan pelanggan yang berubah dengan cepat. Kondisi ini juga berlaku untuk semua organisasi yang profit atau non-profit. Hal ini juga berlaku pada pendidikan, walaupun pendidikan tidak termasuk dalam profit agency, namun pengelolaannya tidak dapat dilakukan secara tradisional melainkan memerlukan kemampuan khusus agar output pendidikan memiliki daya saing yang tinggi untuk bersaing di pasar global. Hal ini merupakan pergeseran paradigma dalam memandang pendidikan pada tingkat pertama hanya dilihat dari aspek sosial tetapi lebih dari itu pendidikan korporat. Artinya lembaga pendidikan dipahami sebagai produksi jasa pendidikan yang outputnya akan dibeli oleh konsumen. Kemudian lembaga pendidikan harus mampu memasarkan produknya agar dapat dibeli pasar, tentunya untuk kepentingan pasar, kualitas harus mampu memenuhi dan memuaskan pasar konsumen, sehingga produk laku dipasaran.