Analisis Tingkat Kognitif dalam Kitab Nahwu Wadhih Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom

  • Rochimul Umam Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: an-Nahwu al-Wadhih, Cognitive, Revised Bloom's Taxonomy

Abstract

Abstract:. Kitab an-Nahwu al-Wadhih telah menjadi sumber pembelajaran yang sangat bermanfaat dalam memahami qawaid (kaidah-kaidah) bahasa Arab di berbagai lembaga pendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis tingkat kognitif yang tercermin dalam kitab tersebut dengan memanfaatkan kerangka kerja revisi taksonomi Bloom. Analisis ini bertujuan untuk meningkatkan optimalitas penggunaan kitab ini, baik oleh para guru maupun murid. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan digunakan peneliti untuk mengeksplorasi aspek kognitif yang terdapat dalam buku ajar tersebut. Hasil penelitian mengidentifikasi bahwa tingkat kognitif yang dominan tercermin dalam penyajian materi kitab an-Nahwu al-Wadhih serta panduan mengajar bahasa arab yang ditunjukkan oleh penulis melibatkan kemampuan mengingat, memahami, menerapkan, dan berkreasi (sintesis). Meskipun tingkat evaluasi tidak secara eksplisit ditemukan dalam penyajian materi, namun diakses melalui panduan mengajar yang menunjukkan peran guru dalam melakukan evaluasi terhadap tugas murid. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami lebih dalam penggunaan kitab ini dalam konteks pembelajaran bahasa Arab.

Keywords: Kognitif, Kitab an-Nahwu al-Wadhih, Revisi Taksonomi Bloom.

Abstract: The book "an-Nahwu al-Wadhih" has become a highly valuable learning resource for comprehending the basics of the Arabic language in a variety of educational institutions. The purpose of this study is to examine the cognitive levels represented in the book using the updated Bloom's taxonomy framework. The analysis aims to improve the best usage of this book by both teachers and students. The researcher used a qualitative descriptive technique with a library research method to investigate the cognitive features of the instructional material. The research findings suggest that the primary cognitive levels represented in the presentation of "an-Nahwu al-Wadhih" and the author's Arabic language teaching recommendations involve the capacities of remembering, understanding, applying, and generating (synthesizing). Although the evaluation level is not expressly mentioned in the instructional material, it may be accessible via teaching guidelines that outline the teacher's responsibility in evaluating student work. As a result, this study adds to a better understanding of the book's use in the context of Arabic language acquisition.

Keywords: an-Nahwu al-Wadhih, Cognitive, Revised Bloom's Taxonomy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahkas, Akmal Walad, and Al Lu’lu’Mahabbah Fillah. “Analisis Buku Nahwu Wadhih Juz 2 Karya Ali Al-Jarimi Dan Musthafa Amin.” Ta’lim al-‘Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban 6, no. 1 (2022): 125–33.
Amelya, Asy Syifa Reza, Tatang Tatang, and Rinaldi Supriadi. “Analisis Penyajian Materi Kitab An-Nahwu Al-Wadhih Berdasarkan Teori Mackey.” Aksara: Jurnal Bahasa Dan Sastra 24, no. 2 (2023): 634–45.
Anderson, Lorin W, and David R Krathwohl. “Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar 300, no. 300 (2010): 0.
Anderson, LW, and DR Krathwohl. “Bloom’s Taxonomy Revised. Understanding the New Version of Bloom’s Taxonomy.” The Second Principle, 2001, 1–8.
Aryobimo, Bagusradityo. “Analisis Butir Soal Latihan Pada Buku Al-Naḥw al-Wāḍīḥ Untuk Siswa Madrasah Aliyah.” Al-Ma ‘rifah 18, no. 2 (2021): 127–38.
Asmara, Santi, and Amali Putra. “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Fisika Ditinjau Dari Kompleksitas Proses Kognitif Menurut Taksonomi Bloom Revisi Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Di Sman Kota Padang,” n.d.
Bloom, Benjamin Samuel. “Taksonomi Bloom (Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor) Serta Identifikasi Permasalahan Pendidikan Di Indonesia,” 2019.
Bujuri, Dian Andesta. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 9, no. 1 (2018): 37–50.
Butar-Butar, Juli Loisiana, and Meida Asih Br. Simbolon. “Taksonomi Bloom Dan Fungsi Kognitif Carl Jung Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Guru Kita PGSD 7, no. 1 (December 22, 2022): 19. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i1.37867.
Ekawati, Mona. “Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran.” E-TECH: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 7, no. 2 (2019): 1–12.
Gunawan, Imam, and Anggarini Retno Palupi. “Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 2, no. 02 (November 14, 2016). https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50.
Habibi, Burhan Yusuf. “Integrasi Kurikulum Bahasa Arab Pesantren Tradisional Dan Modern Di Madrasah Aliyah Program Keagamaan.” Arabi: Journal of Arabic Studies 4, no. 2 (2019): 151–67.
Holilulloh, Andi, and Khabibi Muhammad Luthfi. “Pengaruh Madzhab Bashrah Terhadap Kitab An-Nahwu Al-Wadhih Karya Ali Al-Jarim Dan Mushtafa Amin.” Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 2021, 783–97.
Holilulloh, Andi, Mujawir Sayyid Mujawir Sakran, and Wail As-Sayyid. “Analisis Materi Dan Metode Sintaksis Arab Dalam Kitab An-Nahwu Al-Wadhih.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 3, no. 02 (2021): 125–39.
Jarim, Ali al-, and Mushtafa Amin. An-Nahwu al- Wadhih. Kairo: Dar al-Ma’arif, 2006.
Leslie, OW. “Anderson and Krathwohl–Bloom’s Taxonomy Revised: Understanding the New Version of Bloom’s Taxonomy,” 2016.
Magdalena, Ina, Nur Fajriyati Islami, Eva Alanda Rasid, and Nadia Tasya Diasty. “Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan.” EDISI 2, no. 1 (2020): 132–39.
Nafiati, Dewi Amaliah. “Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 2 (2021): 151–72.
Nugroho, Puspo. “Pandangan Kognitifisme Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 3, no. 2 (2015): 281–304.
Sani, Ridwan Abdullah. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara, 2022.
Syarifah, Lely Lailatus, Yenni Yenni, and Wista Kumala Dewi. “Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Aspek Kognitif.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4, no. 2 (November 19, 2020): 1259–72. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.335.
Ulfah, Ulfah, and Opan Arifudin. “Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan 2, no. 1 (2021): 1–9.
Published
2024-01-29
Section
Articles