PENGGUNAAN METODE SMART GAME & PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYEBUTKAN NAMA DAN TUGAS MALAIKAT ALLAH
Abstrak
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan kemampuan menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah. Penelitian ini merupakan PTK dengan 3 siklus dengan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Randusongo 2 Kec. Gerih Kab. Ngawi. Subyek penelitian ini sebanyak 18 siswa. Indikator keberhasilan 85% dengan KKM sebesar 65. Teknik pengumpulan data dengan observasi, teknik analisis data dengan rumus untuk mengetahui nilai rata-rata dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosesntase ketuntasan pada Pra Tindakan 11,1% atau 2 siswa, pada siklus I sebesar 50% atau 9, siklus II sebesar 50% atau 9 siswa dan pada siklus III sebesar 94,5% atau 17 siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I ke siklus II tidak mengalami peningkatan, sedangkan peningkatan prestasi pada siklus II ke siklus III sebesar 44,5%. Untuk nilai rata-rata pra tindakan sebesar 39,28, siklus I 71, siklus II 74,28 dan untuk siklus III sebesar 89,56. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode smart game dan pembelajaran kooperatif telah berhasil.Referensi
Daftar Pustaka
Ibrahim, Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Surabaya University Press,
2000.
Isjoni, Cooperative Learning, Bandung: Alfabeta, 2009.
Lie, Anita, Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: Grasindo, 2002.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan,Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2008.
Slavin, Robert E, Cooperative Learning; Teori, Riset Dan Praktik.
terjemahan Lita, Bandung: Nusa Media, 2005.
Ibrahim, Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Surabaya University Press,
2000.
Isjoni, Cooperative Learning, Bandung: Alfabeta, 2009.
Lie, Anita, Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: Grasindo, 2002.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan,Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2008.
Slavin, Robert E, Cooperative Learning; Teori, Riset Dan Praktik.
terjemahan Lita, Bandung: Nusa Media, 2005.
Diterbitkan
2015-12-02
Terbitan
Bagian
Articles
HAK CIPTA
Ariktel dalam Jurnal Paradigma Institut dapat digunakan sebagai bahan rujukan karya ilmiah lain dan dapat disebarluaskan kepada pihak lain atau instansi terkait untuk menambah khasanah keilmuan. Jika ada pihak-pihak yang tidak beratanggung jawab menggandakan dengan sengaja maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.