MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISCOVERY PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA TENTANG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN
Abstrak
Abstrak Matematika merupakan salah satu cabang ilmu yang sangat penting. Sampai saat ini matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang selalu masuk dalam daftar mata pelajaran yang diujikan secara nasional, mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA. Bagi siswa selain untuk menunjang dan mengembangkan ilmu-ilmu lainnya, matematika juga diperlukan untuk bekal terjun dan bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam proses pembelajaran Matematika pada Standar Kompetensi 5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang serta penggunaannya dalam pemecahan masalah, Kompetensi Dasar 5.1 Menentukan hasil perkalian berbagai bentuk pecahan, kelas V SDN Karangmalang 2 Kec. Kasreman Kab. Ngawi mengalami kesulitan dalam menentukan hasil perkalian berbagai bentuk pecahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai ulangan harian yang tidak memuaskan. Dari 15 siswa kelas V SDN Karangmalang 2 Kec. Kasreman Kab. Ngawi 56% siswa yang memenuhi Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Penggunaan metode discovery pada proses kegiatan belajar mengajar dapat dibuktikan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.Referensi
Daftar Pustaka
Ali, M., Strategi Penelitian Pendidikan, Bandung: Angkasa, 1992.
Depdiknas, Panduan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan ( KTSP ) SD/MI, Jakarta: Depdiknas, 2006.
Hermawan, A.H., dkk, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka, 2006.
Hermawan, Julius, Membangun Decision Support System, Yogyakarta: Andi,
2005.
II.G.A.K. Wardani, Kuswaya Wihardit, Noehi Nasution, Penelitian Tindakan
Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.
Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Rohani, Ahamad, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004. Ruseffendi, HET, Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan
Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan
CBSA, Bandung: Tarsito, 2006.
Surya, Mohamad, Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja
Rosda Karya, 1999.
Suryosubroto, B, Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakarta: Rineka
Cipta, 2002.
Ali, M., Strategi Penelitian Pendidikan, Bandung: Angkasa, 1992.
Depdiknas, Panduan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan ( KTSP ) SD/MI, Jakarta: Depdiknas, 2006.
Hermawan, A.H., dkk, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka, 2006.
Hermawan, Julius, Membangun Decision Support System, Yogyakarta: Andi,
2005.
II.G.A.K. Wardani, Kuswaya Wihardit, Noehi Nasution, Penelitian Tindakan
Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.
Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.
Rohani, Ahamad, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004. Ruseffendi, HET, Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan
Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan
CBSA, Bandung: Tarsito, 2006.
Surya, Mohamad, Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja
Rosda Karya, 1999.
Suryosubroto, B, Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Jakarta: Rineka
Cipta, 2002.
Diterbitkan
2015-12-12
Terbitan
Bagian
Articles
HAK CIPTA
Ariktel dalam Jurnal Paradigma Institut dapat digunakan sebagai bahan rujukan karya ilmiah lain dan dapat disebarluaskan kepada pihak lain atau instansi terkait untuk menambah khasanah keilmuan. Jika ada pihak-pihak yang tidak beratanggung jawab menggandakan dengan sengaja maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.