PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA OPERASI HITUNG PERKALIAN DENGAN METODE BERMAIN KARTU
Abstrak
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media kartu dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika dan juga untuk membuktikan apakah dengan mengunakan media kartu dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas II SDN Randusongo 2 Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini yaitu: 1) keaktifan siswa (mengerjakan soal) yang mengalami peningkatan sebesar 60%, yaitu dari 5 siswa menjadi 17 siswa, 2) siswa yang mengajukan pertanyaan mengalami peningkatan sebesar 70% yaitu dari 4 siswa menjadi 18 siswa, 3) siswa yang menjawab pertanyaan mengalami peningkatan sebesar 60%, yaitu dari 7 siswa menjadi 19 siswa, 4) perhatian siswa mengalami peningkatan sebesar 70%, yaitu dari 4 siswa menjadi 18 siswa. Sedangkan untuk hasil belajar juga mengalami peningkatan untuk pra siklus rata-rata nilai hanya sebesar 60 dan ketuntasan sebesar 35%, siklus I nilai rata- rata 66 dan ketuntasan sebesar 45%, siklus II nilai rata-rata naik menjadi 72 dan ketuntasan naik mencapai 65% dan untuk Siklus III meningkat nilai rata-rata menjadi 85 dan ketuntasan belajar naik mencapai 90%. Hal ini menunjukkan bahwa metode bermain kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Randusongo 2 Kecamatan Gerih Kabuaten Ngawi.Referensi
Daftar Pustaka
Ametembun, N.A. 2000. Beberapa Model Pembelajaran dan Strategi
Mengajar dalam Pembelajaran Matematika. Depdiknas, Jakarta.
As’ari, A.R. 2000. Pembelajaran Matematika yang Demokratis. Universitas
Negeri Malang.
Usman, M.U. danSetiawati, L. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar
Mengajar. Cetakan Kedua. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Ametembun, N.A. 2000. Beberapa Model Pembelajaran dan Strategi
Mengajar dalam Pembelajaran Matematika. Depdiknas, Jakarta.
As’ari, A.R. 2000. Pembelajaran Matematika yang Demokratis. Universitas
Negeri Malang.
Usman, M.U. danSetiawati, L. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar
Mengajar. Cetakan Kedua. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Diterbitkan
2015-12-12
Terbitan
Bagian
Articles
HAK CIPTA
Ariktel dalam Jurnal Paradigma Institut dapat digunakan sebagai bahan rujukan karya ilmiah lain dan dapat disebarluaskan kepada pihak lain atau instansi terkait untuk menambah khasanah keilmuan. Jika ada pihak-pihak yang tidak beratanggung jawab menggandakan dengan sengaja maka akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.