PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH

  • Amarodin ama Amarodin Sekolah Tinggi Agama Islam Diponegoro Tulungagung, Indonesia

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, menggunakan data pengamatan secara langsung dari jalannya proses pembelajaran. Dari data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisa melalui tahapan dalam siklus-siklus tindakan. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun rancangan penelitian yang dilakukan dalam penelitan ini adalah menggunakan model siklus Kemmis & Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Botoran di Jalan KHR. Abdul Fatah No. 12, Kelurahan Botoran, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Prosedur pengumpulan data dengan studi dokumentasi, teknik observasi, teknik tes dan catatan lapangan.  Penelitian ini didasari adanya kesenjangan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang terjadi sekarang ini belum sesuai dengan harapan kurikulum KTSP yang menuntut siswa untuk terlibat aktif. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada dapat meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar IPS.

 

Kata Kunci      : “Belajar IPS dan Penerapan Make a Match.â€

Published
2016-04-30