IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM RAMAH ANAK DISABILITAS DI SEKOLAH

Jurnal Pendidikan Islam

  • M. Kholid Thohiri, Zulfa Nabila Azhar

Abstract

Pendidikan Agama Islam diorientasikan kepada tiga ranah yang meliputi ranah
kognitif, afektif, dan psikomotoris. Pendidikan Agama Islam adalah segenap kegiatan
yang dilakukan seorang untuk membantu seseorang atau sekelompok peserta didik
dalam menanamkan dan menumbuh-kembangkan ajaran Islam dan nilai-nilainya
untuk dijadikan sebagai pandangan hidupnya, yang diwujudkan dalam sikap dan
dikembangkan dalam keterampilan hidupnya sehari-hari. Dalam hal ini, menangani
anak-anak disabilitas perlu metode yang sesuai dan di sisi lain, fasilitas- fasilitasnya
pun juga harus memadai didalam proses pembelajarannya. Baik itu dari prasarana
prasarana disekolah maupun di kelas, dan juga prasarana dari guru atau pendidik.
Metode Pembelajaran langsung meupakan metode yang diterapkan oleh giru di SDN
2 Kamulan Trenggalek, sehingga mampu mengembangkan potensi dan menumbuhkan
prestasi sekaligus ramah bagi siswa disabilitas yang memiliki karakteristik yang
berbeda.
Kata Kunci : Metode pembelajaran Langsung, Siswa Disabilitas

Published
2023-10-10