Manajemen Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kepribadian Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Asyyafiiyah Pikatan Wonodadi Blitar

Jurnal Pendidikan Islam

  • Sistupani STAI Diponegoro Tulungagung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pendidikan karakter dalam membentuk kepribadian siswa di Madrasah Ibtidaiyah Asyyafiiyah Pikatan Wonodadi Blitar. Fokus utama penelitian ini mencakup: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter yang diterapkan di madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter dilakukan secara terstruktur melalui integrasi dalam kurikulum, pembiasaan nilai-nilai karakter dalam keseharian, serta kerja sama antara guru, orang tua, dan masyarakat. Evaluasi pendidikan karakter dilakukan melalui observasi perilaku, refleksi harian, dan keterlibatan aktif dalam kegiatan keagamaan dan sosial. Pendidikan karakter di madrasah ini terbukti efektif dalam membentuk siswa yang berakhlak mulia, disiplin, dan bertanggung jawab.

Kata kunci: manajemen pendidikan karakter, kepribadian siswa, madrasah ibtidaiyah

Published
2025-04-15