PENGARUH MOTIVASI GURU TERHADAP KECAKAPAN MEMBACA AL-QUR’AN

  • muhammad arif afandi STAI Diponegoro

Abstrak

ABSTRAK

 

 

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Islam Al Khoiriyah Wates Sumbergempol. Sampel yang diteliti 50 siswa dari jumlah populasi yaitu sebanyak 119 siswa. Variabel bebas adalah Motivasi Guru yang direkam dengan metode angket melalui siswa, hasilnya diukur dengan skala ordinal. Variabel terikat adalah kecakapan membaca Al Qur`an yang direkam melalui dokumentasi kecakapan membaca Al Qur`an hasilnya diukur dengan skala ordinal. Untuk pengumpulan data Peneliti menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Adapun rumusan dari penelitian ini adalah : Motivasi Guru tentang mambaca Al Qur`an siswa, Kecakapan membaca Al Qur`an dan Pengaruh motivasi Guru terhadap kecakapan membaca Al Qur`an. Hasil dari penelitian tingkat motivasi guru tentang membaca Al Qur`an tergolong tinggi, dengan N = 50, jumlah pada tabel motivasi guru menunjukkan kriteria tinggi adalah 37 dan frekuensi motivasi tinggi dengan motivasi kurang adalah 0. Tingkat kecakapan membaca Al Qur`an Siswa tergolong baik, dengan N = 50,  jumlah pada tabel kecakapan membaca Al Qur’an siswa kriteria baik adalah 42 dan frekuensi kecakapan membaca Al Qur’an siswa baik dengan perolehan nilai positif pada taraf frekuensi koifisien 4,2 dari hasil tabel r t 32,76. Pengaruh Motivasi Guru terhadap kecakapan kecakapan membaca Al Qur`an siswa hasil pengujian data diperoleh Phi (Ø) = 0,646 > r tabel = 0,273, N = 50 pada tk 5% dan Phi (Ø) = 0,646 > r tabel = 0,354, N = 50 pada tk 1%.

 Kata Kunci      : “Motivasi dan Kecakapan membaca.â€

 

Diterbitkan
2016-04-30