PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

  • Sistupani Sistupani STAI Diponegoro Tulungagung

Abstrak

ABSTRAK

 

Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, peneliti di samping bertindak sebagai pengumpul data juga sekaligus sebagai instrumen aktif dalam upaya mengumpulkan data-data di lapangan. Penelitian ini mengambil lokasi, di SDN Rejomulyo 1 Kras Kediri. Pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah seringkali kurang menarik dan cenderung membosankan bagi siswa. Dengan CTL pendidikan agama Islam siswa diupayakan lebih aktif dan tertarik untuk mengikuti pelajaran agar proses pembelajaran berlangsung dengan kondusif, efektif, kreatif, efisien dan menyenangkan. Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam diupayakan mampu memotivasi belajar siswa. Agar pembelajaran pendidikan agama Islam terasa mudah dan menyenangkan, pembelajarannya harus dikaitkan seoptimal mungkin dengan kehidupan nyata dalam pikiran siswa, sehingga kehidupan siswa bermakna dan tidak terasa abstrak. Strategi pengorganisasian pembelajaran CTL memerlukan persiapan yang cukup matang. Strategi penyampaian pembelajaran CTL terlaksana dengan baik, Strategi pengelolaan pembelajaran  CTL meliputi kegiatan penjadwalan, pembuatan cacatan kemajuan belajar siswa, motivasi belajar dan kontrak belajar mampu meningkatkan hasil belajar siswa. karena siswa merasa senang dan tidak bosan.

 Kata Kunci      : Strategi pembelajaran dan CTL

Diterbitkan
2020-11-04