INTEGRASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PESANTREN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

  • M. Kholid Thohiri kholid STAI Diponegoro

Abstrak

Lembaga Pendidikan seperti SMK dituntut tidak hanya menyiapakan peserta didik yang menjamin lulusannya berkompeten dan siap kerja. Namun juga di butuhkan suatu Lembaga yang menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan yang dapat membekali siswa dengan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan diantaranya pertama, untuk mendeksripsikan Integrasi kurikulum Pendidikan Agama Islam dengan kurikulum pesantren di SMK Islam Sunan Kalijaga Ngunut Tulunggaung. Kedua, Untuk mendeksripsikan Implementasi integrasi kurikulum Pendidikan Agama Islam dengan kurikulum pesantren di SMK Islam Sunan Kalijaga Ngunut Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, display data, reduksi data, konklusi. Keabsahan data melalui trainggulasi dan perpanjangan pengamatan.  Hasil dari penelitian ini adalah petama, kurikulum Pendidikan Agama Islam yang memadukan antara beberapa pelajaran yang ada di pesantren dengan pelajaran PAI di sekolah, yaitu pembelajaran kitab kuning di dalam pondok pesantren Hidayatul Mubtadi’in Ngunut Tulungagung. Kedua, Dalam pelaksanaannya kurikulum tersebut menggunakan pendekatan klasikal dan pendekatan individual. Selain itu mengadopsi metode pembelajaran khas pondok pesantren yaitu sorogan, lalaran, pembiasaan, dan uswah. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan secara harian oleh guru-guru di pondok pesantren dan dilakukan oleh guru di sekolah.

Diterbitkan
2023-05-04