JURNAL PARADIGMA SOSIOLOGI

PARADIGMA SOSIOLOGI

  • Moh Ali Sodik Sekolah Tinggi Agama Islam Diponegoro Tulungagung, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK

Cakupan dalam studi sosiologi pendidikan adalah tentang individu dan lingkungan sosial, dimana individu dan lingkungan sosial tidaklah berdiri sendiri tetapi terjalin hubungan timbal balik antar keduanya. Sedangkan yang dimaksud dengan paradigma sosiologi adalah sebuah jendela batin dimana kita dapat melihat segala hal (paradigm  is a mental window through which we see things) atau dalam definisi panjangnya diartikan sebagai seperangkat asumsi – asumsi dan keyakinan – keyakinan / kepercayaan – kepercayan yang berhubungan dengan : the nature / image of human being, the nature / image of society, the nature / image of sociology and sociological theory serta implikasi – implikasi metodologinyaParadigma sosial yang digagas oleh Ritzer juga berkembang dalam pemikiran tentang pengembangan model pendidikan. Model pendidikan itu termasuk berimplikasi terhadap pola pengembangan kurikulum dan silabus, kepemimpinan, manajemen sumberdaya, pengelolaan kelas, strategi pembelajaran dan cara – cara melakukan evaluasi. Paradigma perilaku sosial yang berdasarkan perspektif pertukaran interaksi pendidikan

Kata Kunci: Pendidikan, Paradigma, metodologi

Diterbitkan
2023-12-15
Bagian
Articles