PENERAPAN HDDEN CURRIULUM TERHA PENERAPAN HDDEN CURRIULUM TERHADDAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS

  • KOMARODIN komarelkhat STAI DIPONEGORO TULUNGAGUNG

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan penelitian : 1. Mengetahui bentuk dari penerapan hidden curriculum yang di jalankan di MIN 2 Blitar, 2. Memahami bagaimana  peran guru sebagai fasilitator dalam penerapan  hidden curriculum di MIN 2 Blitar, 3 mengetahui bagaimana hasil dari penerapan hidden curriculum terhadap pembentukan karakter religius pada peserta  didik  kelas 5 MIN 2 Blitar.

                        Metode Penelitian : Pola penelitian Deskriptif dan Studi Kasus dengan pendekatan kualitatif. Kehadiran peneliti, Lokasi Penelitian ; MIN 2 Blitar kecamatan wonodadi kabupaten Blitar, Data dan Sumber data: 1. Primer: guru; 2. Sekunder: dokumentasi, serta arsip-arsip. Prosedur Pengumpulan Data; dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dengan guru waka kurikulum, guru seksi keagamaan, guru pendamping kegiatan  pembiasaan hidden curriculum di MIN 2 Blitar dan pengecekan data kembali dengan trianggulasi, prosedur pengungkapan data mengenai kegiatan pembiasaan hidden ccurriculum, bagaimana peran guru dan bagaimana hasill dari peerapan kegiatan tersebut  terhadap pembentukan karakter  religius peserta ddik dalam bentuk rekaman

Kata Kunci : Hidden curriculum,  karakter religius ,  fasilitator

Diterbitkan
2025-02-03