PENERAPAN HDDEN CURRIULUM TERHA PENERAPAN HDDEN CURRIULUM TERHADDAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian : 1. Mengetahui bentuk dari penerapan hidden curriculum yang di jalankan di MIN 2 Blitar, 2. Memahami bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam penerapan hidden curriculum di MIN 2 Blitar, 3 mengetahui bagaimana hasil dari penerapan hidden curriculum terhadap pembentukan karakter religius pada peserta didik kelas 5 MIN 2 Blitar.
Metode Penelitian : Pola penelitian Deskriptif dan Studi Kasus dengan pendekatan kualitatif. Kehadiran peneliti, Lokasi Penelitian ; MIN 2 Blitar kecamatan wonodadi kabupaten Blitar, Data dan Sumber data: 1. Primer: guru; 2. Sekunder: dokumentasi, serta arsip-arsip. Prosedur Pengumpulan Data; dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dengan guru waka kurikulum, guru seksi keagamaan, guru pendamping kegiatan pembiasaan hidden curriculum di MIN 2 Blitar dan pengecekan data kembali dengan trianggulasi, prosedur pengungkapan data mengenai kegiatan pembiasaan hidden ccurriculum, bagaimana peran guru dan bagaimana hasill dari peerapan kegiatan tersebut terhadap pembentukan karakter religius peserta ddik dalam bentuk rekaman
Kata Kunci : Hidden curriculum, karakter religius , fasilitator
