HUBUNGAN LEMBAGA PENDIDIKAN DENGAN MASYARAKAT

Jurnal Pendidikan Islam

  • Saiful Bahri UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Abstrak

Masyarakat memiliki posisi ganda yaitu posisi objek dan posisi  subjek yang keduanya memiliki makna fungsional bagi pengelolaan lembaga pendidikan. Ketika lembaga pendidikan sedang melakukan promosi merekrut calon siswa/santri/mahasiswa baru, maka masyarakat sebagai objek yang mutlak dibutuhkan. Sedangkan respon masyarakat terhadap promosi itu menempatkan mereka sebagai subjek yang memiliki kewenangan penuh untuk menerima atau menolaknya. Peran Komite Sekolah adalah: advisory agency; supporting agency; controlling agency; mediator. Hubungan masyarakat sangat penting dalam kepentingan suatu organisasi sekolah, jadi jelaslah bahwa dalam public relation terdapat suatu usaha untuk mewujudkan suatu hubungan yang harmonis antara sekolah dengan publik sehingga akan muncul opini publik yang menguntungkan bagi kehidupan sekolah tersebut.

Diterbitkan
2025-10-15