Metamorfosa Perguruan Tinggi Agama Islam
Abstract
Seiring dengan derasnya arus kompetisi global di dunia pendidikan tinggi pada milenium ketiga ini membuat banyak perguruan tinggi terutama PTAI di Indonesia acapkali kesulitan untuk mengikuti perkembangannya, terutama Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) yang notabene secara kualitas dan instrumentasi pendidikannya masih jauh dari apa yang diharapkan. Dampaknya, banyak di antara mereka yang mengalami nasib yang mengenaskan, atau ‘gulung tikar’.
Realitas itu selanjutnya membawa dampak yang luar biasa terhadap munculnya image kesenjangan kualitas antara PTN dan PTS yang pada akhirnya memunculkan pandangan dikotomis bahwa PTN merupakan perguruan tinggi yang memiliki mutu yang lebih baik daripada PTS. Kondisi ini membuat masyarakat lebih percaya dan cenderung memilih PTN umum dibanding dengan perguruan tinggi Islam (contoh UIN), apalagi bila dibandingkan dengan perguruan tinggi internasional, baik di dalam maupun diluar negeri seiring dengan arus liberalisasi pendidikan dunia.
Internasionalisasi pendidikan tinggi ke depan bukanlah suatu ironi. Tetapi realitas kekinian yang sudah semakin mengarahkan probability itu menjadi suatu kenyataan. Namun, Indonesia yang didukung oleh PTAI yang begitu besar haruslah menyiapkan perangkat kompetitif pendidikan tinggi Islam sedini mungkin sehingga ke depan PTAI di Indonesia memiliki good governonce system pendidikan tinggi yang unggul sehingga mampu berkompetisi di level internasional tanpa kehilangan Islamic morality character sebagai dasar aplikasinya. Â
References
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Guidlines for Internal Quality Assesment of Higher Education. Ministry of National Education, National Acreditation Booerd for Higher Education: Jakarta. 2000.
Bantock GH. Freedom and Autority in Educational Globalization. Faber Limited: London. 1998.
E. Mulyasa dalam Pengantar Matrikulasi Program Beasiswa Doktor (S3) Manajemen Pendidikan di UNINUS Bandung, Agustus 2007.
Mastuhu. Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21 (The New Mind Set of National Education in the 21st Century). Safiria Insania Press: Yogyakarta. 2004.
Mas’ud, Abdurrahman dkk. Paradigma Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar dan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo: Semarang. 2001.
Naisbit, John. Global Paradox. Alih Bahasa: Budiyanto. Bina Aksara: Jakarta. 1994.
Daniel, Mark Haynes World of Risk, Next Generation Strategy for Volatile Era in Education. John Wiley & Son (Asia) Pte Ltd: Singapore. 2002.
Rivan, Ahmad. Strategi dan Prospek Pengembangan Mutu Lulusan PTAI di Indonesia. Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta, 23 Mei 2005.
Tofler, Alfin Future Shock. Pan Book Ltd: London. 1973.
Sallis, Edward Total Quality Management in Education. Prenhall Ltd: NewYork. 2001.
Supriadi, Dedi (Ed), dkk. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Depdiknas-Bappenas-Adicita: Yogyakarta. 2001.
Salim, Ferry. Pendidikan Indonesia Menyongsong Milenium Baru. Radar Djogja. 11 Juli 2005.
Zukav, Garry The Seat of the Soul, An Inspiring Vision of Humanity’s Spiritual Destiny. Rider & Co: London UK. 1991.
Rae, Hanish Mc. Dunia di Tahun 2020, Kekuasaan, Budaya dan Kemakmuran, Wawasan tentang Masa Depan. Alih Bahasa: Anton Adiwijoyo. Bina Aksara: Jakarta. 2003.
Ward, James. Reclaining International Mindset of Education in Global Era. Penguin Book: USA. 2000.
Ward, Mark. Universality, The Understanding Theory Behind Life. The Universe and Evrything: Great Britanian. 2001.
Suyanto dan Djihad Hisyam. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Adicita: Yogyakarta. 2000.
Tilaar. Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan. Remaja Rosdakarya: Bandung. 2001.
Copyright (c) 2016 AT-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Studi Islam by At-Tahdzib is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tahdzib