Komodifikasi Agama Dan Simbol Keagamaan ‘Jilbab’ Di Media Online Dalam Persepsi Netizen

  • Farhan Farhan Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Faisul Islamiyah Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat muslimah tentang syariat Islam berupa menutup aurat dan mengungkap komodifikasi dalam pengaburan makna simbol agama. Komodifikasi memainkan perannya dalam memberikan pengaruh dan rambu-rambu pemakaian mode muslimah. Dimana simbol agama (jilbab) pada dasarnya memiliki nilai makna yang sangat agamis, bahkan sangat dianjurkan dalam penggunaannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan memilih etnografi virtual. Data dikumpulan dari objek visual di media siber baik berupa publikasi foto dan lainnya di media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simbol agama berupa jilbab telah mengalami komodifikasi, dikaburkan, bahkan dieksploitasi sebagai komoditas untuk diperdagangkan. Perkembangan menggunakan media sosial, menyebabkan simbol agama (jilbab) dapat dinikmati begitu luas oleh kalangan masyarakat. Dimana netizen berperan menjadi seorang pengendali atau aktor dari suatu informasi yang sedang di perbincangkan, yaitu pengendali dalam memproduksi suatu pesan, yang melahirkan persepsi-persepsi masyarakat netizen lain.

Referensi

Agus Maladi Irianto. 2016. ‘Komodifikasi Budaya Di Era Ekonomi Global Terhadap Kearifan LokaL :Studi Kasus Eksistensi Industri Pariwisata Dan Kesenian Tradisional Di Jawa Tengah’, Jurnal Theologia, Vol 27.
Budiati, Atik Catur. 2011. ‘Jilbab: Gaya Hidup Baru Kaum Hawa’, Jurnal Sosiologi Islam, 1.
Dendy Suseno Adhiarso, Prahastiwi Utari dan Yulius Slamet. 2017. ‘Pemberitaan Hoax Di Media Online Ditinjau Dari Konstruksi Berita Dan Respon Netizen’, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 15.
Efa Rubawati, 2018. ‘Media Baru: Tantangan Dan Peluang Dakwah’, JURNAL STUDI KOMUNIKASI, vol 2.
Fadilah, Dani. 2015. ‘Komodifikasi Seksual Dalam Kepentingan Ekonomi Portal Berita Online’, Informasi Kajian Ilmu Komunikasi, Vol 45.
Fakhruroji, Moch, 2015. ‘Komodifikasi Agama Sebagai Masalah Dakwah’, Jurnal Ilmu Dakwah, 5.
Farhan, 2018.‘Religiusitas Komunitas Muslim Di Media Sosial ( Studi Kasus Tilawah Al-Qur ’ an Alumni Pramuka UIN Sunan Ampel Surabaya ) Abstract ’:, Jurnal Asy-Syari’ah, vol 4.
Fatoni, Uwes dan Siti Tarwiah, 2016. Respon Netizen terhadap Dakwah bi al-Qalam K.H.Muhammad Arifin Ilham di Media Sosial, (Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Vol. 01, No. 01.
Hudaeri, Mohamad. 2016. Menentang Sekularisme: Upaya Membentuk Kesalehan Subjek Muslim di Banten. Jurnal Theologia, [S.l.], v. 27, n. 2, p. 305-330, dec.
Hana Qodzari Mayaningrum, Agus Triyono.2016. ‘Komodifikasi Hijab Dalam Iklan Kosmetik’, Jurnal CHANNEL, 4.
Muktiyo, Widodo, 2015. ‘Komodifikasi Budaya Dalam Konstruksi Realitas Media Massa’, MIMBAR, Vol 31.
Nazla Putri Utari, Nina Siti S. Siregar.2015. ‘Pemaknaan Penggunaan Jilbab Syar ’ I diKalangan Mahasiswa Psikologi’, Jurnal Simbolika, vol 1.
Prajarto, Nunung, 2015. ‘Netizen Dan Infotainment : Studi Etnografi Virtual Pada Akun Instagram @ Lambe _ Turah’, Jurnal Ilmu Komunikasi, 15.
Ramadhini, Eveline, ‘Jilbab Sebagai Representasi Simbolik Mahasiswi Muslim Di Universitas Indonesia’, Jurnal Sosiologi, 22.
Rochman, Kholil Lur dan Dede Susanti, 2016.‘Analisis Terhadap Komodifikasi Tubuh Perempuan Dalam Iklan Es Krim Magnum Versi Pink & Black’, Komunika, 10
Rozaki, Abdur, 2013. ‘Komodifikasi Islam ( Kesalehan Dan Pergulatan Identitas Di Ruang Publik ) 1’, XIV.
Rulli Nasrullah, 2014. Teori Dan Riset Media Siber (Cybermedia), ed. by Irfan fahmi Endang Wahyudi, 1st edn (Jakarta, 2014).
Santoso, Widjajanti M, 2014. ‘Commodification Of Moslema Style Through Social Media’, 17.
Syahputra, Iswandi. 2016. ‘Agama Di Era Media : Kode Religius Dalam Industri Televisi Indonesia’, Esensia, 17.
———, ‘Media Sosial Dan Prospek Muslim Kosmopolitan : Konstruksi & Peran Masyarakat Siber Pada Aksi Bela Islam’, Jurnal Komunikasi Islam, 8 (2018)
Yasir. 2015. ‘Simbol Dalam Industri Televisi ( Analisis Semiotika Sinetron Tukang Bubur Naik Haji Di RCTI Episode 1060 )’, Jurnal Ilmu Komunikasi, vol 6.
Yohana, Dadi Ahmadi dan Nova, 2017.‘Konstruksi Jilbab Sebagai Simbol Keislaman’, Media Tor, vol 8.
Yusuf, Muhamad Fahrudin. 2016. ‘Komodifikasi : Cermin Retak Agama Di Televisi : Perspektif Ekonomi Politik Media’, 1.
https://www.idntimes.com/life/women/hendria-1/10-inspirasi-busana-syari-ala-oki-setiana-dewi-untuk-berbagai-kegiatan-c1c2, diakses pada 26 desember 2018.
https://nasional.kompas.com/read/2010/08/28/08312380/Komodifikasi.Agama.Jadi.Sumber.Kekerasan-14, Diakses tanggal 02 Januari 2019.
https://www.instagram.com/ , diakses pada 26 desember 2018.
https://www.instagram.com/ , diakses pada 27 desember 2018
Diterbitkan
2019-03-24
Bagian
Articles