Sistem Pembelajaran Al-Qawa’id Al-Sharfiyah Di Indonesia Dalam Perspektif Neurolinguistik

  • Danial Hilmi
Kata Kunci: Learning System, al-Qawa’id al-Sharfia, Neurolinguistic

Abstrak

Sistem pembelajaran al-Qawa’id al-Syarfiyah membutuhkan sistem yang baik demi tercapainya tujuan kemahiran berbahasa Arab. Diantaranya, sistem pembelajaran berbasis hafalan dalam bentuk konsep yang telah dikembangkan sepanjang masa. al-Qawa’id al-Syarfiyah adalah salah satu sistem yang dikembangkan di era modern, yaitu pengembangan serangkaian formulasi berupa penguasaan rumus tabel, serta bagan yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam pengembangan pembelajaran bahasa. Teknologi juga digunakan pembelajar untuk lebih mempersingkat waktu dan hafalan, yaitu melalui pembelajaran berbasis media.  Pembelajaran al-Qawa’id al-Syarfiyah di Indonesia dari sudut pandang neurolingustik tampak kurang efektif karena belum terbentuknya lingkungan bahasa yang optimal. Sementara, pesantren dapat berperan lebih baik dalam menyediakan kesempatan pembelajaran bahasa yang lebih panjang waktunya. Sangat penting untuk dapat meningkatkan penggunaan kedua sisi otak dengan baik. Perhatian penuh akan memberi dampak bagi pembelajar tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Diterbitkan
2018-01-21
Bagian
Articles