Konsep Belajar dalam Teori Konstruktivistik dan Islam Klasik (Komparasi Pemikiran Bobbi De Porter dan Al-Ghazali)

  • Siti Ma'rifatul Hasanah
Kata Kunci: Teori Belajar Konstruktivistik, Pembelajaran Islam Klasik

Abstrak

Belajar dan pembelajaran adalah kunci keberhasilan dalam pendidikan. Belajar mempunyai andil besar dalam meneruskan kebudayaan dari generasi ke generasi baru. Untuk meneruskan warisan budaya dan mendidik generasi muda agar dapat meneruskan peran tersebut, maka dibutuhkan sebuah teori belajar.  Pentingnya belajar dan pembelajaran mendapat perhatian dari para psikolog Barat, sehingga pada awal abad 19 muncullah teori belajar dan pembelajaran.Berangkat dari latar belakang di atas, maka tulisan ini disusun. Tujuan akhir dari tulisan ini adalah untuk mengetahui aspek-aspek persamaan dan perbedaan dari kedua teori terkait dengan belajar. Hasil dari artikel yang dapat dipaparkan adalah bahwa antara teori belajar konstruktivistik menurut Bobbi DePorter dan teori belajar Islam klasik menurut Al-Ghazali terdapat perbedaan dan beberapa persamaan. Kedua teori bertujuan menjadikan belajar dan pembelajaran efektif, maksimal dan tidak membebani. Aspek-aspek spiritual dalam teori belajar Islam klasik dibahas menggunakan pendekatan psikologi, sosiologi dan neurology dalam teori belajar konstruktivistik. Satu hal yang menjadikan teori belajar Islam lebih unggul adalah karena adanya penanaman pendidikan akhlak dalam segala aspek, dan tujuan belajar untuk kebahagiaan yang abadi, di dunia dan di akhirat.

Referensi

Abdullah, Abdurrahman Shalih, 1991. Landasan dan Tujuan Pendidikan menurut Al-Qur’an serta Implementasinya, terj. Mutammam, Bandung: CV. Diponegoro
Abdurrahman, Jamal. 2005. Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasullullah, Bandung: Irsyad Baitus Salam
Al-Ghazali, 1976. Ihya’ Ulumuddin, terj. Tengku Ismail Ya’kub, Kudus: Menara Kudus.
Al-Qur’an dan Terjemahan Indonesia, 2006. Menara Kudus
Al-Zarnuji, 2001. Ta’lim al-Muta’alim, terj. Achmad Zacki Syafa, Surabaya: Bintang Terang
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Bell Gredler, Margaret, E. 1991. Belajar dan Membelajarkan, Jakarta: Rajawali Pers.
DePorter, Bobbi dan Mike Hernacky, 2007. Quantum Learning, Bandung: Kaifa.
DePorter, Bobbi, 2006. Quantu Business, Bandung: Kaifa
http://www.funderstanding.constructivism.com
http://www.SuperCamp.com
Rose, Colin 2006, Accelerated Learning, Bandung: Nuansa
Yasin, Fatah. 2008. Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang: UIN Press
Diterbitkan
2017-12-30
Bagian
Articles