Efektivitas Pendidikan Agama Islam Berbasis Kemampuan Otak dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

  • sodikin sodikin

Abstrak

Di era  globalisasi yang membawa dampak positif dan negatif khususnya di berbagai lini kehidupan dan bidang pendidikan, jaminan mutu berkembang begitu cepat dalam menggerakkan lembaga-lembaga pendidikan. Terdapat di dalamnya kebutuhan pendidik-pendidik yang memiliki mutu yang baik untuk meningkatkan kepercayaan terhadap kemajuan pelayanan pembelajaran kepada masyarakat. Oleh karena itu, pendidik harus memiliki perencanaan yang kuat untuk menghadapi tantangan yang begitu dahsyat. Dan salah satu upaya yang harus dilakukan pendidik adalah kemampuan untuk memberikan pelayanan pembelajaran yang dapat membuka segala kemungkinan yang ada dalam pikiran mereka sehingga menjadi manusia yang kuat dan pintar dalam ilmu pengetahuan dan memiliki akhlak yang mulia. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis otak efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di tingkat madrasah, sehingga kebutuhan belajar otak dapat terpenuhi untuk dapat mengembangkan kemampuan mereka.

Referensi

Anas, Zulkifli. 2011. Pendekatan Brain Based Learning Dalam Penanaman Nilai Budaya Melalui Pendidikan Formal. Jurnal Komunitas: Volume. 3 No. 2
Buzan, Toni. 2013. Buku Pintar Main Map ( Jakarta: PT Gramedia Pustaka)
Djamarah, Saiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif suatu Pendekatan Teoritis Psikologis (Jakarta: Rineka Cipta)
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar ( Jakarta: Bumi Aksara)
Hilmi, Danial. 2013. Pengembangan Strategi Pembelajaran Berbicara Berbasis Pendekatan Aktivasi Otak. Disertasi Tidak Diterbitkan, (Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).
Jensen, Eric. 2008. Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak (Jogyakarta: Pustaka Pelajar)
Jensen, Eric. 2011. Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak Paradigma Pengajaran Baru. (Jakarta: Indeks)
Kementrian pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat kurikulum 2010, Panduan Pengembangan Pendekatan Pembelajaran Efektif, (Jakarta: KPNBP dan PPK, 2010)
Rakhmad, Jalaluddin. 2010. Belajar Cerdas Belajar Berbasiskan Otak (Bandung: Mizan Pustaka)
Saprun. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Baca Al-Qur’an Berbasis Otak Kiri Untuk Orang Dewasa di Universitas Muhammadiyah Mataram. Tesis, tidak diterbitkan (Malang: Universitas Islam Negeri Maliki Malang).
Sardiman AM. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)
Sumaatmadja, Nursid. 1997. Metodelogi Pengajaran Geografi ( Jakarta:BumiAksara)
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning, Teori Dan Aplikasi PAKEM (Surabaya: Pustaka Pelajar Jogjakarta)
Undang-undang RI no. 14 tahun 2005, tentang Guru dan Dosen (Bandung: Citra Umbara)
Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Jakarta: Bumi Aksara)
Willis, Judi. 2010. Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Riset Otak (Jogyakarta: Mitra Media)
Windura, Sutanto. 2013. 1st Main Map Untuk Siswa, Guru & Orang Tua (Jakarta: Elax Media Komputindo)
Diterbitkan
2017-12-30
Bagian
Articles