Pemanfaatan Sosial Facebook Sebagai Media Belajar Pendidikan Agama Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa

  • Novy Wulandari
Kata Kunci: Facebook, Pendidikan Agama Islam, Media Pembelajaran

Abstrak

Jejaring sosial Facebook telah menjadi tren di kalangan remaja, oleh karenanya dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Facebook sebagai media bantu pembelajaran pendidikan agama islam, dan mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan jejaring sosial Facebook sebagai media bantu pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penggunaan studi kasus dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial facebook sebagai media yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil tersebut dianalisis menggunakan tiga langkah: reduksi, display, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran PAI dapat memanfaatkan media sosial facebook melalui penggunaan strategi pembelajaran terpadu, yaitu dengan menggabungkan pembelajaran tatap muka  di kelas dan memanfaatkan facebook sebagai pembelajaran di luar kelas. Design pembelajaran melalui facebook dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur Group, dengan langkah-langkah: (1) Membuat facebook untuk kelas eksperimen; (2) Menambahkan siswa ke dalam group; (3) Mengunggah file; dan (4) Melakukan diskusi.

Referensi

Daradjat, Zakiah. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Bumi Aksara.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Psikologi Belajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Fachri, Mohammad Yoser. (2009). Muhammad Show on Facebook. Jakarta: Muslim Publika Anggota.

Ginting, Abdorrakhman. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Gredler, Margaret E. (2011). Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi, terj. Triwibowo, B.S, Ed. 6. Jakarta: Kencana.

Hardianto, Arif. Berteman dan Berbisnis dengan Facebook dan Blog. Yogyakarta: TUGU PUBLISHER, 2009.

Hengky Alexander Mangkulo. (2010). Facebookfor Sekolahan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Jubilee Enterprise, (2010). Facebook Goes to School. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Longman Family Dictionary. (1989). Czechoslovakia: Chancellor Press.

Masngud. (2010). “Pengaruh Intensitas Pemanfaatan Weblog PAI terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta, Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Untuk Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. (2008). Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Cet. Ke-IV, Bandung: Rosdakarya.

Muhaimin. (1996). Strategi Belajar Penerapan dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Surabaya: CV. Citra Media.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.

Muttaqien, Zainal. (2011). “Pemanfaatan Blog sebagai media dan Sumber Belajar Alternatif Qur’an Hadits Tingkat Madrasah Aliyah”, Tesis. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

Patria, Lintang & Kristianus Yulianto. (2010). “Pemanfaatan Facebook untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri”. Jurnal Pendidikan.

Rini, Jeane. (2003). Hubungan Antara Persepsi Orang Tua Tentang Prestasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumiati dan Asra. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Zuhairini dan Abdul Ghafir. (2004). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Malang: UM Press.
Diterbitkan
2018-06-30
Bagian
Articles