Bermain Peran (Role Playing) dalam Pembelajaran Maharah Al-Kalam di PKPBA UIN Maliki Malang

  • Halimatus Sa`diyah Dosen UIN Malang
Kata Kunci: Bermain Peran (Role Playing), Pembelajaran Maharah al-Kalam

Abstrak

Fokus dalam kajian penelitian ini adalah bagaimana bermain peran atau role playing dalam pembelajaran Maharah al-Kalam di PKPBA UIN Maliki Malang? Berdasarkan fokus tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bermain peran atau role playing dalam pembelajaran Maharah al-Kalam di PKPBA UIN Maliki Malang. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan dua teknik dalam pengumpulan datanya, yaitu observasi dan dokumentasi. Untuk data yang didapatkan dalam penelitian ini, bersifat deskriptif yang kemudian dianalisa secara induktif. Dari penelitian ini ditemukan beberapa hasil penelitian, yaitu adanya rencana pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran Maharah al-Kalam di PKPBA UIN Maliki Malang dengan menggunakan permainan peran (role playing), ditemukan adanya kelebihan dan kekurangan dari permainan peran (role playing) dalam pembelajaran Maharah al-Kalam serta adanya materi-materi pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai naskah dalam permainan peran (role playing).

Referensi

Al-Khatib, Muhammad Ibnu Ibrahim. (2003). Riyadh: Maktabah at-Taubah.

Antarika, Wenti. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Drama Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 1 Way Tuba Way Kanantahun Pelajaran 2015/2016. Tesis. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, Mina. (2003). Al-Hiwar Faniyatuhu wa Istiratijiyatuhu wa Asalibuhu ta`limihi. Kairo: Maktabah Wihbah.

Kuswoyo. (2017). Konsep Dasar Pembelajaran Maharah al-Kalam. Jurnal: An-Nuha. Vol 4/No.1

Lubis, Ali Musa. (2012). Hurtum: Majalah al-Baroah.

Madkur, Ali Ahmad. (2002). Tadris al-Funun al-Lughah al-`Arabiyah. Kairo: Darul Fikri Arab.

Mustofa, Syaiful . (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Maliki Press.

Nasution. (1996). Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Ni`mah, Mamlu`atu. (2015). Kaifa Nu`allimu Tadris Maharah al-Kalam. Proseding IMLA. Malang: UIN Maliki.

Rosyidi, Abd. Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah. (2012). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesioanalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Suharso dan Ana Retnoningsih. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Ulyan, Ahmad Fuad Mahmud. (1992) . al-Maharaat al-Lughawiyah Mahiyatuha wa Tharaiquha. Riyadh: Darus Salam.

Zaini, Hisyam. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Diterbitkan
2018-12-31
Bagian
Articles