Mnemonik Sebagai Alternatif dalam Menghafal Kosakata Bahasa Arab

  • Risna Rianti Sari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Kata Kunci: Bahasa Arab, Pembantu Ingatan, Mnemonik

Abstrak

Kosakata tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran bahasa. Kosakata diperlukan dengan program pembelajaran bahasa supaya pembelajar bahasa dapat mengerti terhadap apa yang ia pelajari secara efektif. Saat ini, banyak peneliti menyadari bahwa kosakata adalah suatu hal yang penting dan merupakan bagian dari pembelajaran dan pengajaran bahasa. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengenalkan sebuah metode yang dinamakan “mnemonik†kepada para pembelajar bahasa Arab di perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi yang mengajarkan bahasa Arab. Tujuan lainnya juga untuk mengeksplor kekreatifitasan mahasiswa selama pembelajaran dengan mnemonik ini berlangsung, agar dapat mengingat kosakata yang telah dipelajari baik sebagai ingatan jangka pendek terlebih ingatan jangka panjang.  Mahasiswa pembelajar bahasa Arab, bagaimanapun, sering mengeluh ketika berhadapan dengan kosakata baru, sebagian mereka kesulitan untuk mengingat kembali apa yang telah ia hafalkan. Metode mnemonik ini dapat menjadi solusi atas masalah yang mereka hadapi serta dapat meningkatkan pembelajaran kosakata bahasa Arab mereka. Terdapat banyak jenis dari mnemonik itu sendiri, diantaranya teknik cerita, kata kunci dan teknik penggambaran. Jenis-jenis mnemonik tersebut tidak bisa disangkal adalah metode yang efektif dalam proses pembelajaran bahasa Arab karena dapat meningkatkan kemampuan mengingat kembali secara langsung. Disamping sebagai pembantu ingatan dalam menghafal kosakata, mnemonik juga dapat membuat proses pembelajaran menjadi santai. Dengan kata lain mnemonik adalah metode yang menyenangkan dalam mempelajari kosakata yang mana dapat membuat mengingat kembali menjadi mudah dengan menjembatani arti kata dengan menghubungkan antara belahan otak baik kanan maupun kiri. Artikel ini akan akan memaparkan tentang metode mnemonik dan bagaimana cara mengaplikasikannya.

Referensi

عبد الجميد، مجمد؛ سوتامان؛ سيف المصطفى؛ دانيال حلمي؛ زكية عارفة؛ نور قمري؛ أبو المعالي؛ ماحي أولي الكرام؛ تائب مغفور؛ نور إيلا إيفاواتي.(2018). العربية للحياة الكتاب الأول. مالانج: أوين مالك فريس.

Amiryousefi, M., & Ketabi, S. (2011). Mnemonic Instruction: A Way to Boost Vocabulary Learning and Recall. Journal of Language Teaching and Research, 2(1). https://doi.org/10.4304/jltr.2.1.178-182

Anari, F. K., Sajjadi, M., & Sadighi, F. (t.t.). The magic of mnemonics for vocabulary learning of a second language. International Journal of Language and Linguistics, 6.

Ardika, Y. (2016). Efektivitas Metode Mnemonik Ditinjau dari Daya Ingat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X TPA SMK N 2 Depok Sleman. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7, 66–73.
https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5006

Cohen, A. D. (1987). The Use of Verbal and Imagery Mnemonics in Second-Language Vocabulary Learning. Studies in Second Language Acquisition, 9(01), 43. https://doi.org/10.1017/S0272263100006501

Deporter, Bobbi, Mike Hernacki. (2016). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan ; Penterjemah, Alawiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

Fajriah, Z. (2015). PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB (MUFRADAT) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR, 9, 20.

Juliana, C. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Metode Pembelajaran Mnemonic. JURNAL GLOBAL EDUKASI, 1(6), 711–716.

Laili, N., & Fauziyah, N. (t.t.). PENGEMBANGAN BUKU SAKU DENGAN METODE MNEMONIK DALAM PEMBELAJARAN HURUF KANJI TINGKAT DASAR DI SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT CIC (CAMBRIDGE INTERNATIONAL CENTRE) JOMBANG, 10.

Ożańska-Ponikwia, K. (t.t.). THE ROLE OF MNEMONICS IN THE PROCESS OF L1 AND L2 LANGUAGE LEARNING. Language Learning, 8.

Siriganjanavong, V. (2013). The Mnemonic Keyword Method: Effects on the Vocabulary Acquisition and Retention. English Language Teaching, 6(10). https://doi.org/10.5539/elt.v6n10p1

Tim Kreasi dan Inovasi KPI, T. K. dan I. K. (2013). Jurus Sang Guru. Surabaya: Kualita Mediatama.

Wu, Q. (2014). A Rote Strategy in Memorizing Vocabulary for ESL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 294–301. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.408

Yang, W., & Dai, W. (2012). Vocabulary Memorizing Strategies by Chinese University Students. International Education Studies, 5(1). https://doi.org/10.5539/ies.v5n1p208
Diterbitkan
2018-12-31
Bagian
Articles