Analisis Butir Soal Pelajaran Bahasa Arab di MA Roudlotul Ulum Pagak Malang

  • Siti Fathimah Al Fathiyah STIT Ibnu Sina Malang
Kata Kunci: Butir Soal, Uji Validitas & Reliablitas, Uji Tingkat Kesukaran, Uji Soal Pengecoh

Abstrak

Fokus penelitian ini adalah menganalisis hasil ulangan semester ganjil mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas XI-IPS di MA Roudlotul Ulum Pagak Malang Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuannya, agar pengajar Bahasa Arab mampu membuat alat ukur yang baik dalam mengukur tingkat pemahaman siswa. penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model pengumpulan data yang didapatkan dari dokumen lembar jawaban berserta soal siswa. Data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan anathes dan di jabarkan secara deskriptif berdasarkan tingkat validitas, reliabilitas, kesukaran, daya beda dan pengecoh pada tiap-tiap pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1)  Hasil uji validitas menemukan bahwa dari nomor soal 1-15, yang termasuk dalam kategori soal valid hanya 3 butir soal (2.85%) dan yang termasuk dalam kategori soal tidak valid 12 butir soal (97.15%). (2) Hasil uji reliabilitas didapatkan bahwa tingkat reliabilitas tes soal pilihan ganda sebesar 0,54,  menunjukkan kategori sedang. (3) Hasil analisis tingkat kesukaran diketahui antara soal no 1 sampai 15 terdapat 8 butir soal yang termasuk dalam kategori soal “Mudahâ€, 3 butir soal termasuk dalam kategori soal “Sedangâ€, dan 4 butir soal termasuk dalam kategori soal “Sukarâ€. (4) Hasil uji daya pembeda menunjukkan terdapat 3 butir soal yang termasuk kategori soal baik, 3 butir soal termasuk kategori soal sedang, dan sisanya termasuk kategori soal yang tidak bisa membedakan antara siswa dari kelompok atas dan kelompok bawah. Bahkan tingkat daya bedanya adalah 0 (nol) sehingga tidak ada diskriminasi. Implikasinya, butir soal tersebut direvisi atau tidak digunakan. (5) Kualitas dari soal pengecoh telah ditemukan masih banyak soal pengecoh yang perlu direvisi.

Referensi

Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Monterey, CA: Brooks.

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip. Teknik, dan Prosedur, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Asrori, I. dkk. 2012a. Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat Indonesia.

Azwar, S. (2012). Dasar-dasar psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darwyan Syah dkk. (2009). Pengembangan Evaluasi Sistem Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Diadit Media.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Eveline Siregar, Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta.

Tobari, H. (2015). Evaluasi Soal-soal Penerimaan Pegawai Baru Dilengkapi dengan Hasil Penelitiannya. Deepublish.

Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Prenada Media.
Diterbitkan
2019-07-13