Pembelajaran Bahasa Arab melalui Kolaborasi Metode Questioning dan Media Kahoot

  • Ahmad Fadilah Khomsah Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Imron Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Kata Kunci: Bahasa Arab, Metode Tanya Jawab, Kahoot

Abstrak

Belajar yang kondusif dan menyenangkan dalam revolusi industri 4.0 membuat perubahan gaya belajar dalam proses pembelajaran. Guru diminta untuk mengikuti proses pembelajaran digital interaktif. Belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan adalah salah satu tantangan bagi instruktur dan Pengembang Teknologi Pembelajaran untuk berinovasi dalam pembelajaran. Metode tanya jawab (tanya jawab) adalah metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran untuk membangkitkan motivasi siswa dalam mengungkapkan pendapat dalam proses pembelajaran berlangsung. Dalam bahasa Arab ada empat maharah yang harus dikuasai. Untuk menguasai bahasa Arab, diperlukan media pembelajaran yang efektif, efisien dan sesuai dengan perkembangan zaman sehingga siswa tertarik dan antusias dalam berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Namun, banyak guru yang kurang kreatif dalam menggunakan media yang ada. Sedangkan media pembelajaran memiliki peran sebagai pemberi perhatian, keingintahuan dan memfasilitasi penyampaian informasi kepada siswa. Makalah ini membahas Kolaborasi Penerapan Metode Tanya Jawab dengan Aplikasi Kahoot dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Kahoot adalah salah satu media pembelajaran dalam bentuk aplikasi berbasis web untuk membuat kuis dan permainan sederhana. Guru sebagai fasilitator serta pembuat konten dapat menambahkan elemen dalam bentuk video, gambar dan teks dan siswa dapat mengaksesnya melalui smartphone atau komputer.

Referensi

Abdulsyani, (1994). Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asuideria. (2018). Manfaat dan Kegunaan Kahoot. Diakses tanggal 19 Mei 2020. Pada http://asuiblo.blogspot.com

Charlina, & Septiyanti. (n.d.). Pemanfaatan Media Kahoot Sebagai Motivasi Belajar Mengikuti Kuis Wacana Bahasa Indonesia.

Djamarah, Syaiful Bahri dkk. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, L., Buchori, A., & Nursyahidah, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kahoot Dengan Model Pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) terhadap Hasil Belajar Siswa. Senatik, 292–300.

Irma Rasita, & Soedewo, tatie. (n.d.). Penggunaan Media Kahoot Dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggris.

Irawati, M. (2018). Profil Minat dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII I SMP Negeri 5 Yogyakarta Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kahoot. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk meningkatkan hasil belajar siswa [Effectiveness of using Kahoot! To improve student learning outcomes]. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95–104.

Liubana, Alfred. (2019). Pengertian dan Manfaat Kahoot. Diakses tanggal 19 Mei 2020 pada https://alfredliubana40.wordpress.com

Muhajir, As’aril. (2004). Psikologi Belajar Bahasa Arab. Jakarta : PT. Bina Ilmu.

Nata, Abuddin, (2009). Perspektif Islam Tentang Startegi Pembelajaran. Jakarta : Kencana.

Ningrum, G. D. K. (2018). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. VOX Edukasia: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1), 22–27.

Nugraha, H. (2018). Meningkatkan pemahaman Matematika Siswa SMP Negeri 1 Pagaden Kelas VIII dengan Gamification Kahoot. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 3(1), 148–154.

Putri, Aprilia Royana dan Muhammad Alie Muzakki. (2019). Implementasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Digital Edumedia Komputindo

Roestiyah, N.K, (1986). Didaktik Metodik. Jakarta : PT. Bina Aksara.

Rosyidi, Abdul Wahab dan Mamlu’atul Ni’mah. (2012). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang : UIN Maliki Press.

Setiawan, H. desi, Sihkabuden, & Adi, E. Pramono. (n.d.). Pengaruh Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Blitar.

Soetomo. (1993). Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Diterbitkan
2020-06-29