Implementasi Pemanfaatan Media Visual untuk Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Arab

  • Thufeyl Vandayo Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Danial Hilmi Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Kata Kunci: Media Visual, Ketrampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstrak

Penelitian membahas tentang media visual sebagai instrumen pembelajaran bahasa Arab yang berkonsentrasi pada keterampilan berbicara. Media visual merupakan media yang populer di era pendidikan 4.0 oleh generasi milenial. Melalui kajian literatur, penelitian memaparkan poin-poin penting dalam pemanfaatan media visual: kategori media visual, prinsip-prinsip penggunaan media visual, pedoman dalam merancang media visual serta implementasinya dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penggunaan media visual adalah untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar serta meningkatkan inovasi dan kreativitas guru dalam mengajar. Beberapa media visual yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab antara lain: jam dinding, papan buletin, papan flanel, poster dan gambar. Konsep dan prinsip penggunaan media visual perlu diperhatikan, agar proses penggunaan media visual dalam pembelajaran menjadi efektif dan optimal.

Referensi

Ali, Jauhar. “Outbound as The Alternative Method to Have Fun Arabic Learning.” ALSINATUNA 3, no. 2 (2018): 244–61.

Asyrofi, Syamsuddin. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab: Konsep dan Implementasinya. Yogyakarta: Penerbit ombak, 2016.

Budiman, Haris. “Penggunaan Media Visual dalam Proses Pembelajaran.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2016): 171–82.

Fauziyah, Nurul. “Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif NU 1 Sokaraja Tengah Sokaraja Banyumas.” IAIN, 2016.

Firdayanti, Rizania. “Permasalahan Belajar Maharah Kalam pada Mahasiswa Semester 3 Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang dan Solusinya.” SKRIPSI Jurusan Sastra Arab-Fakultas Sastra UM, 2018.

Hanifah, Umi. Media pembelajaran bahasa Arab. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Putra Media Nusantara, 2011.

Himam, Muhammad Wafaul, Laela Mufida, Zukhaira Zukhaira, dan Ahmad Miftahudin. “ROLLING BALL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VIII MTs DI KABUPATEN PEKALONGAN.” Lisanul’Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching 6, no. 1 (2017): 50–55.

Iswanto, Rahmat. “Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pemanfaatan Teknologi.” Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab 1, no. 2 (2017): 139–52.

Mahnun, Nunu. “Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran).” An-Nida’ 37, no. 1 (2012): 27–34.

Muhson, Ali. “Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8, no. 2 (2010).

Mustofa, Syaiful. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Nasution, Sahkholid. “Tadris Maharah Al-Kalam Fi Madrasah Tsunaiyyah Al-Lughah Al-Stanawiyah.” Lingua: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra 10, no. 2 (2015): 97–108.

Nugrawiyati, Jepri. “Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama 6, no. 1 (2018): 97–111.

Nurcholis, Ahmad. “Penggunaan Thariqah Mubasyarah dengan Media Visual Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Siyotobagus Besuki Tulungagung,” 2014.

Purnama, Sigit. “Elemen warna dalam pengembangan multimedia pembelajaran agama Islam.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 2, no. 1 (2010).

Rahmaini, Rahmaini. “Strategi Pembelajaran Maharah Kalam Bagi Non Arab.” Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab 1, no. 2 (2015).

Riska, Puspita Devi. “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab melalui Metode al-Qawaid wa-Tarjamah menggunakan Media Visual Gambar bagi Siswa Kelas IV MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013-2014,” 2014.

Rosyidi, Abdul Wahab. Media pembelajaran bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press, 2009.

SUAIDAH, NISFUL. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS3 dalam Kemahiran Kalam untuk Siswa Kelas VII SMP Darul Quran Singosari Malang.” SKRIPSI Jurusan Sastra Arab-Fakultas Sastra UM, 2011.

Syamaun, Nurmasyithah. “Pembelajaran Maharah al-Kalam untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya 4, no. 2 (2016): 343–59.

Zamroni, Ahmad. “Menjawab Kerancuan Kurikulum 2013 pada Mapel Bahasa Arab di Madrasah.” At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2017): 39–51.
Diterbitkan
2020-12-31