Metode Eklektik dalam Pembelajaran Bahasa Arab

  • Siti Milatul Mardiyah STIT Ibnu Sina Malang
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, metode eklektik, kinerja guru

Abstrak

Metodologi pembelajaran sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Keberhasilan suatu pembelajaran juga tergantung dari segi metodologinya, terutama dalam pembelajaran bahasa Arab. Banyak macam metode yang dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar, misalnya: metode ceramah, metode qawa’id wa al tarjamah, metode mubasyarah, dan lain sebagainya. Walaupun terdapat banyak macam metode pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Arab, sayangnya masih terdapat kelebihan dan juga kekurangan dari metode-metode itu. Akibat dari kejadian tersebut, maka lahirlah metode elektik, yaitu suatu metode gabungan/campuran dari metode-metode yang sudah ada sebelumnya. Metode ini mempunyai tujuan yang ingin dicapai, yaitu tujuan dari beberapa metode yang dipilih dan digabungkan, sehingga keterampilan bahasa bisa terkumpul semua dalam metode ini dan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efisien dan optimal. Dalam pembelajaran bahasa, tidak ada suatu metode yang sempurna digunakan untuk berbagai tujuan pembelajaran, dikarenakan metode-metode yang dapat digunakan itu masih memiliki kelebihan maupun kekurangan. Akan tetapi, metode-metode itu bisa digunakan dengan baik dan benar sesuai dengan kebutuhan dalam proses pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penggunaan metode dalam proses pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan seorang guru dalam penyampaian informasi/materi kepada murid-muridnya. Jadi, metode-metode pembelajaran bahasa Arab itu dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan saja, dan metode-metode itu tidak digunakan secara keseluruhan.

Referensi

Effendy, Ahmad Fuad. 2004. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Guntur Taringan, Henry. 1991. Sratategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Hardiyanti, Putri. 2014. Metode Pembelajaran Elektik. Padang: Nayla Amirah.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurbayan, Yayan. 2008. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Zein Al-Bayan.

Rahman, Anwar Abd. 2011. Pengajaran Bahasa Arab Dengan Metode Eklektik. Makasar: UIN Alaudin Makasar.

Raswan. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Eklektik terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa. Jakarta: Arabiyat UIN Syarif Hidayatullah.

Rifa’i, Ahmad. 2015. Implementasi Thariqah Al Intiqaiyyah. Kediri: Realita.

Sumardi, Muljanto. 1975. Pedoman Pengajaran Bahasa Asing. Surabaya: CV. Ilmu Surabaya.

Zaenuddin, Radliyah dkk. 2005. Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group.
Diterbitkan
2020-06-29