Sikap Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab terhadap Penerapan Pembelajaran secara Online di Masa Pandemi Covid-19

  • Nur Habibisaid Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Husna Husna Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Alim Maghfur Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Kata Kunci: sikap mahasiswa, pembelajaran online, antusiasme mahasiswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap mahasiswa prodi pendidikan bahasa Arab terhadap penerapan pembelajaran secara online di masa pandemi covid 19. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara (terstruktur dan semi terstruktur), dan dokumentasi. Terdapat tiga pertanyaan yang ingin diungkap: Sikap setuju dan tidak setuju; kendala yang dihadapi dan antusiasme  mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran online. Dari 85 mahasiswa yang ditanyai melalui wawancara terstruktur menggunakan angket, didapatkan data bahwa sebanyak 60% mahasiswa menyatakan sikap setujunya terhadap penerapan pembelajaran secara online. Kendala yang dihadapi saat pembelajaran online adalah keterbatasan kuota internet dan kendala sinyal atau jaringan. Antusiasme mahasiswa mengikuti pembelajaran online disebabkan karena takut akan penyebaran virus corona. Bila proses pembelajaran online dilanjutkan pada masa mendatang, mahasiswa berharap hanya sebagai pendukung dan lebih setuju pada pembelajaran tatap muka sebagai yang utama.

Referensi

Adawi, Rabiah. “Pembelajaran Berbasis E-Learning.” Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan, 2008.

Ahmadi. Ilmu pendidikan (suatu pengantar). Salatiga: CV Saudara, 2013.

Aziz, Alfin Lutfi. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan Terhadap Kemanfaatan Pada Sikap Pengguna E-learning Survei Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2011.” Jurnal Administrasi Bisnis 6, no. 2 (2013).

Azwar, Saifuddin. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2007.

Effendi, Empy, dan Hartono Zhuang. E-learning Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005.

Khusna, Asmaul, Ni Putu Dyana, dan Lukman Arif. “Persepsi Siswa Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo.” Prosiding Konferensi Nasional Administrasi Negara Sinagara 2020, 2020.

Prawiradilaga, Dewi Salma. Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Kencana, 2016.

Sugiyono. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014.

Suharyat, Yayat. “Hubungan antara sikap, minat dan perilaku manusia.” Jurnal Region 1, no. 3 (2009): 1–19.

Yaniawati, Poppy. E-Learning Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Arfino Raya, 2010.
Diterbitkan
2020-12-31