Lingkungan sebagai Media Penunjang Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Iman Ponorogo

  • Abdul Qodir Jailani Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Ahmad Minhajul Abror Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Kata Kunci: Keywords : role of the environment, learning media of Arabic

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui lingkungan sebagai media pembelajaran bahasa Arab dalam dua hal: (1) peran pentingnya, dan (2) kelebihan serta kekurangan dalam pemanfaatan lingkungan tersebut. Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Al-Iman Ponorogo. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) lingkungan memiliki peran penting sebagai media penunjang efektivitas pembelajaran bahasa Arab, melalui desain kegiatan-kegiatan pembiasaan berbahasa Arab di lingkungan pondok. (2) Dapat diidentifikasi kelebihan dan kekurangan dalam pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran bahasa Arab. Kelebihannya  : a) kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan, b) hakikat belajar akan lebih bermakna, c) kegiatan belajar lebih komprehensif dan lebih aktif, d) sumber belajar menjadi lebih kaya e) siswa juga lebih dapat memahami dan menghayati aspek-aspek kehidupan yang ada di lingkungannya. Adapun kekurangannya: a) persiapan yang terbatas, b) adanya anggapan belajar dengan lingkungan memerlukan waktu yang relatif lama, c) banyak guru yang masih berpandangan sempit bahwa belajar hanya dilakukan di dalam kelas.

Referensi

Arifuddin. “Pemikiran-Pemikiran Fonetik Ibnu Jinni (W. 392 H./1002 M.).” Jurnal CMES 6, no. 2 (2013): 146–63.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2005.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Mariyana, Rita. Pengelolaan lingkungan belajar. Jakarta: Prenada Media Grup, 2010.

Nuha, Ulin. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press, 2012.

Pringgawidagda, Suwana. Strategi Penguasaan Bahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2002.

Purba, Andiopenta. “Peranan lingkungan bahasa dalam pemerolehan bahasa kedua.” Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 2, no. 2 (2013).

Rosyidi, Abdul Wahab, dan Mamlu’atul Ni’mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. UIN-Maliki Press, 2011.

Sadat, Anwar. “Lingkungan Bahasa sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab (Ikhtiar membangun Pembelajaran Yang Efektif dan Produktif).” AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya 1, no. 1 (2017): 4–29.

Subana, dan Sudrajat. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Sumaryanti, Lilis. “Peran Lingkungan terhadap Perkembangan Bahasa Anak.” Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman 7, no. 01 (2017): 72–89.
Diterbitkan
2020-12-31