تخطيط تعليم اللغة العربية في معهد الجامعة والي سانجا سمارانج

  • Nushah Ziadatul Ghoniyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstrak

 

Dewasa ini, tradisi pesantren telah bertransformasi dengan beragam variasinya. Salah satu variannya adanya fenomena pesantren masuk ke dalam  kampus atau yang dikenal dengan ma'had mahasiswa. Dari beberapa perguruan tinggi yang didalamnya terdapat ma'had, salah satunya adalah ma'had Al-Jami'ah Walisongo yang terletak di lingkungan kampus UIN Walisongo Semarang. Adanya ma'had ini diharapkan dapat mengembangkan potensi mahasiswa agar memiliki kompetensi di bidang bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Hal yang akan dibahas dalam penelitian ini berkaitan dengan perencanaan pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berbentuk analisis deskriptif dengan sumber data berupa dokumentasi dari hasil-hasil penelitian baik jurnal ilmiah, skripsi, atau thesis. Penelitian ini brtujuan untuk mengetahui tentang perencanaan pembelajaran dari aspek bagaimana merumuskan tujuan, media, metode, bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa dalam merumuskan tujuan pembelajaran telah disesuaikan dengan visi, dan misi dari ma'had Al-Jami'ah Walisongo. Materi dan bahan ajar menggunakan buku ‘Silsilatun fî Ta’lîmi al-Lughati al-‘Arabiyyah – al-‘Arabiyyah Basîthah’, media pembelajannya buku panduan Ta’lim al-Lughah dan silabinya, metode pembelajaran pada umumnya menggunakan drill dan metode langsung, dan evaluasi dilakukan dua kali pada semester ganjil dan genap.

Diterbitkan
2020-12-31