Penerapan E-learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi
Abstrak
Inovasi pembelajaran media berbasis online dewasa ini semakin meningkat. Dalam dunia pendidikan di Indonesia telah mengalami pergeseran tradisi pembelajaran dari offline berbasis sekolah ,menjadi online berbasis teknologi, yang diakibatkan pandemi Covid-19. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan E-learning dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas X IPS 3 MAN 3 Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan E-learning dalam pembelajaran bahasa Arab beserta dengan manfaat, faktor pendorong dan penghambatnya. Sehingga nantinya dari problematika dan kekurangannya itu dapat diatasi. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh yang pertama, dalam penerapannya ada beberapa macam media berbasis online yang digunakan seperti halnya Web base learning, Zoom meeting room, WhatsApp, Ebook, dan Google. Kedua, penerapan pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi sangat membantu dalam mengatasi problematika pelaksanaan pembelajaran di luar jaringan yang terganggu akibat wabah virus corona. Ketiga, ada beberapa faktor yang mendorong dan menghambat kesuksesan pelaksanaan pembelajaran berbasis online seperti halnya jaringan internet, ketersediaan alat komunikasi, fasilitator dan kontrol dari guru dan orang tua kepada siswa. Selain itu ada faktor yang menjadi penghambat diantaranya seperti kurangnya sosialisasi penggunaan E-learning, jaringan internet yang bermasalah, alat komunikasi yang kurang memadai dan kurangnya kontrol dari orang tua kepada siswa.
Referensi
Alimuddin, Alimuddin, dan Muhammad Nadjib. “Intensitas Penggunaan E-learning dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana (S1) di Univeristas Hasanuddin.†KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi 4, no. 4 (2016): 387–98.
Atwi, Suparman. “Guru Sebagai Arsitek Pembelajaran Sepanjang Waktu: Mungkin?†Dalam Seminar Universitas Terbuka. Jakarta: Universitas Terbuka, 2013.
Bilfaqih, Yusuf, dan M. Nur Qomarudin. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish, 2015.
Hadisi, La, dan Wa Muna. “Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning).†Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 8, no. 1 (2015): 117–40.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Hubbard, Philip. “Making a Case for Learner Training in Technology Enhanced Language Learning Environments.†CALICO Journal 30, no. 2 (31 Mei 2013): 163–78. https://doi.org/10.11139/cj.30.2.163-178.
Kartika, A. R. “Model Pembelajaran Daring.†Journal of Early Childhood Care & Education 27 (2018).
Kasiram, Moh. Metodologi penelitian: Kualitatif–kuantitatif. Uin-Maliki Press, 2010.
Khomsah, Ahmad Fadilah, dan Muhammad Imron. “Pembelajaran bahasa Arab melalui kolaborasi metode questioning dan media kahoot.†Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 5, no. 1 (2020): 99–118.
Kosim, Nanang, Imam Turmudi, Novy Maryani, dan Abdul Hadi. “Pembelajaran bahasa Arab melalui daring: Problematika, solusi dan harapan.†Work From Home, 2020.
Kuntarto, Eko. “Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi.†Indonesian Language Education and Literature 3, no. 1 (2017): 99–110.
Mahnun, Oleh Nunu. “(Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran)†37, no. 1 (2012): 9.
Mustofa, Ali. “Etika Pemberitaan Partai Politik di Televisi (Kasus Pemberitaan Partai Demokrat di Metro Tv dan Tv One).†Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna 3, no. 1 (2021): 15–24.
Mustofa, Mokhamad Iklil, Muhammad Chodzirin, Lina Sayekti, dan Roman Fauzan. “Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi.†Walisongo Journal of Information Technology 1, no. 2 (20 Desember 2019): 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.
Noh, Mohd Aderi Che, Haslina Abdullah, dan Nor Hayati Fatmi Talib. “Knowledge and Learning Teachers Toward The Implementation of Guided Inquiry Approach in Aqidah Curriculum.†Al-Hayat: Journal of Islamic Education 3, no. 2 (2019): 126–39.
Riqza, Meidiana Sahara, dan M. Muassomah. “Media Sosial untuk Pembelajaran Bahasa Arab pada Masa Pandemi: Kajian Kualitatif Penggunaan WhatsApp pada Sekolah Dasar di Indonesia.†Alsina: Journal of Arabic Studies 2, no. 1 (2020): 71–94.
Rosyidi, Abdul Wahab, dan Mamlu’atul Ni’mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. UIN-Maliki Press, 2011.
Sugiyono. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Thoha, Mohammad. “Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah.†OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra 6, no. 1 (2012).
Tohirin. Psikologi pembelajaran pendidikan agama Islam: berbasis intergrasi dan kompetensi. PT RajaGrafindo Persada, 2005.
Vadhillah, Syukra, Alimin Alimin, dan Suharmon Suharmon. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batu Mandi Tilatang Kamang.†Arabia 8, no. 1 (2017).
Wikipedia. “Teknologi.†Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, 24 Juni 2021. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Teknologi&oldid=18561960.