Implikasi Manajemen Program Bahasa Arab dalam Mencetak Lulusan Unggul

  • Abdurrahman Shobirin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Danial Hilmi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Kata Kunci: Manajemen, Program Bahasa Arab, lulusan unggul

Abstrak

Manajemen program yang baik mengacu pada masing-masing fungsinya yang berperan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas program. Dari beberapa fungsinya dapat memberikan implikasi yang positif pada perkembangan peserta didik terhadap bahasa Arab sesuai dengan visi misi yang telah ditetapkan oleh sebuah lembaga. Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Plus Malang memiliki beberapa program bahasa Arab yang dapat menunjang prestasi siswa dan program tersebut dikemas dalam sebuah manajemen yang bersifat edukatif, konstruktif, dan produktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mencari implikasi dari fungsi-fungsi manajemen program bahasa Arab yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, implementasi, pengontrolan, dan evaluasi. Dari beberapa implikasi ditemukan bahwa keistiqomahan dan komitmen Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Plus Malang terhadap program bahasa Arab mampu mengantarkan lulusannya menjadi lulusan yang unggul dan berkompeten untuk bersaing di bidang bahasa Arab.

Referensi

Aziz, A. (2015). peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Studi Islam, Vol. 10, No. 2.

Arifuddin. (2015). Konsep Integrasi Ilmu dalam Pandangan Isma’il Raji al-Faruqi. Jurnal Syamil, Vol. 3, No. 1.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Barusu, O. C. S. (2014). Studi Evaluasi Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi Berbasis Agama pada Universitas Kristen Tentena di Gereja Kristen Sulawesi Tengah. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 05.

Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali press.

Hamalik, O. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

Izzan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

Istikomah. (2018). Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan; Studi Kasus di MAN Insan Cendekia Jambi. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 07, Nomor 02.

KBBI. (2019). diakses Pukul 09.18 WIB pada https://kbbi-web-id.cdn.

Lestari, Y. R. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, Vol. 1, No. 2.

Mata Hati. (2019). Siswa Mamumtaza Raih Mumtaz Nilai Bahasa Arab se-Jatim. diakses 08.48 WIB pada https://www.Matahati malang.net.

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Musthofa, S. (2011) Startegi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN Maliki Press.

Nurul Islam Jember. (2019). Juara 1 Olimpiade Bahasa Arab Se-Jatim, Abdul Malik Lanjut Berjuang ke Tingkat Nasional. diakses puku. 13.52 WIB pada https://pesantrennuris.net.

Publik News. (2019). Hebat, 3 Pelajar MAN IC Siak Juara di Grand Final Olimpiade Bahasa Arab (OBA) 2019 se- Indonesia. diakses pukul 13.57 WIB pada https://publiknews.com.

Thoha, M. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal OKARA, Vol. 1, No. VII.

Triyono. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak Press.

Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Wahyudin, D. (2017). Manajemen Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

Wikipintar, (2019). Pengertian Implikasi, diakses pukul 09.26 WIB pada http://wikipintar.com.

Diterbitkan
2021-07-02