Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam: Problematika dan Solusi

  • Amatul Jadidah Institut Agama Islam Al-Qolam
Kata Kunci: problematika pendidikan, Pendidikan Agama Islam, madrasah

Abstrak

Pendidikan merupakan sarana dalam membangun watak bangsa dalam membangun masyarakat yang berperadaban tinggi, di mana Pendidikan Agama Islam menjadi bagian penting. Untuk itu, upaya peningkatan mutu pendidikan Agama menjadi penting untuk diatasi problematikanya. Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui Problematika Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dan bagaimana upaya meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah di Wringinanom Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis kualitatif, yang menekankan pada deskripsi secara alami, dan pengambilan data atau penjaringan fenomena dilakukan dari keadaan yang sewajarnya. Oleh karena itu, peneliti terlibat langsung di lapangan. Dari hasil penelitian, ada beberapa problem yang ditemukan  yaitu: rendahnya kemampuan kognitif peserta didik; komitmen, kualitas dan kompetensi pendidik yang perlu ditingkatkan; Minimnya pemahaman pendidik tentang kurikulum 2013; kurang terjalinnya kerjasama sebagian kecil orang tua dengan pendidik dan Keterbatasan Sarana prasarana. Upaya mengatasi problematika  tersebut, dilakukan madrasah dengan beberapa cara: untuk peserta didik, memberikan sanksi yang bersifat mendidik, membentuk kerja kelompok peserta didik, diskusi antar peserta didik di dalam kelas, dan memberikan jam  tambahan. Untuk pendidik, diikutsertakan dalam acara seminar dan workshop. Untuk kurikulum, dengan meningkatkan sosialisasi penerapan kurikulum 2013. Untuk manajemen, berupaya meningkatkan keterlibatan antara wali siswa dan juga masyarakat dalam upaya peningkatan mutu, melalui pertemuan. Untuk sarana dan prasarana, sekolah mengupayakan terwujudnya sarana & prasarana yang belum ada, seperti perpustakaan.

Referensi

Ahmadi, Abu, dan Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Anwar, Moh Khoiril. “Dialog Antar Umat Beragama di Indonesia: Perspektif A. Mukti Ali.†Jurnal Dakwah 19, no. 1 (2018): 89–107.

Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Azis, Rosmiaty. “Implementasi pengembangan kurikulum.†Jurnal Inspiratif Pendidikan 7, no. 1 (2018): 44–50.

Danim, Sudarwan. Agenda Sistem Pembaharuan Pendidikan. Yogyakarta: Pusaka Belajar, 2003.

Fathoni, Makmur Haris. Pendidikan Islam dan Krisis Moralisme Masyarakat Modern. Yogyakarta: IRCiSoD, 2008.

Furchan, Arief. Transformasi pendidikan Islam di Indonesia: anatomi keberadaan madrasah dan PTAI. Yogyakarta: Gama Media, 2004.

Hujair, Sanaki. Paradigma pendidikan Islam; membangun masyarakat madani. Yogyakarta: Safarina Insani Prees, 2003.

Ihsan, Hamdani, dan Fuad Ihsan. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 1998.

Indonesia, Presiden Republik. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, 2003.

Muhaimin. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan, Kurikulum hingga Redefinisi Islamiah Pengetahuan. Bandung: Nuansa Cendekia, 2003.

Muhaimin, Suti’ah, dan Nur Ali. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. 5 ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Mulyasa, Endang. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Nata, Abuddin. Paradigma pendidikan Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia bekerjasama dengan IAIN Syarif Hidayatullah, 2001.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, t.t.

RM, Gagne. “The Condition of Learning and Theory of Intructions.†Orlando: Rineheart and Winston, 1985.

Setianingsih, Deny. “Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Tholhah Hasan.†Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim, 2008.

Soetrisno, Eddy. Kamus Populer Bahasa Indonesia. Ladang Pustaka, 2008.

Surya, Djumhur Muhammad. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah Jilid 3. Bandung: Erlangga, 2003.

Suyanto, dan Djihad Hisyam. Refleksi dan reformasi pendidikan di Indonesia memasuki Milenium III. Jakarta: Adicita, 2000.

Tafsir, Ahmad. Ilmu pendidikan dalam perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

Uhbiyati, Nur. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra, 2013.

Yunus, Mahmud. “Metodik Khusus Pendidikan Agama.†Jakarta: Hidakarya Agung, 1983.

Diterbitkan
2021-07-08