Evaluasi Pemanfaatan E-Learning dalam Proses Pembelajaran Distance Learning di SMP IIBS Al Maahira Malang

  • Abdur Rauf Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Auliatul Amin auliaamin06@gmail.com
Kata Kunci: e-learning, covid-19, distance learning

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses belajar siswa di SMP IIBS AL MAAHIRA PUTRI Malang pada saat pendami covid berlangsung dari segi keefektivitasan siswa dalam belajar bahasa arab dan juga aktivitas yang dilakukan oleh siswa-siswa saat proses belajar online. Dengan melakukan beberapa teknik pengumpulan data yaitu dengan membagikan beberapa angket yang disebarkan melalui Google form untuk diisi oleh seluruh siswa agar mendapatkan hasil yang maksimal. Penelitian ini ditujukan kepada seluruh siswa kelas VII  SMP IIBS AL MAAHIRA PUTRI Malang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang berdasarkan data yang diterima dari proses pengisian angket melalui Google form. Dari data keseluruhan yang didapat menyatakan bahwa proses pembelajaran menggunakan E-Learning di IIBS AL MAHIRA MALANG sangat efektif dengan persentase 59,7 persen, 32,2 persen efektif dan 7,5 tidak efektif. Tindak selanjutnya sepenuhnya diserahkan kepada pendidik agar dapat membuat rancangan supaya siswa tertarik dalam belajar walaupun dengan keadaan tidak tatap muka dan lebih kreatif serta inovatif dan efektif.

Referensi

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.

Fatmawati, Sri. “Perumusan Tujuan Pembelajaran Dan Soal Kognitif Berorientasi Pada Revisi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Fisika.†Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika 1, no. 2 (2013).

Rooijakkers, Ad. Mengajar Dengan Sukses: Petunjuk Untuk Merencanakan Dan Menyampaikan Pengajaran. Grassindo, 1991.

Rusman. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.

Santrock, John W. Psikologi Pendidikan. Translated by Tri Wibowo. Kencana Prenada Media Group, 2007.

Sardiman, Arief M. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa, 2004.

Sutikno, M. Sobry. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT RefikaAditama, 2009.

Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Winkel, W. S. Psikologi Pengajaran Dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Grassindo, 1991.

Diterbitkan
2021-07-05