Analisis Penggunaan E-Learning Madrasah Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Di MTsN 2 Kota Surabaya di Era Pandemi Covid-19

  • Hamdatul Musyarrofah Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Hilma Nailis Syarifiyah Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Anis Bachtiar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Kata Kunci: e-learning madrasah, model soal, kendala pembelajaran bahasa Arab online

Abstrak

Penerapan 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity) dalam pembelajaran sangatlah penting guna mempersiapkan peserta didik menghadapi abad 21. Masa di mana pembelajaran dilakukan daring, bukan tidak mungkin bagi guru untuk tetap menekankan nilai-nilai tersebut melalui model soal yang disajikan khususnya dalam e-learning madrasah. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu menjadi referensi untuk guru lainnya dengan dieksplornya model soal dalam pembelajaran bahasa Arab ini. Juga dengan menganalisis kendala yang ada, peneliti berharap dapat memberikan saran atau bahkan membantu menyampaikan agar diadakan perbaikan dalam fitur e-learning madrasah. Dengan menerapkan metode kualitatif deskriptif, peneliti menyimpulkan bahwa dengan fitur e-learning guru menyajikan PPT/PDF, soal pilihan ganda, isian, dan essay untuk maharah qiro’ah (keterampilan membaca), mendengarkan membuat video/audio untuk maharah istima’ wa kalam (keterampilan menyimak dan berbicara), fill-in-the-blank, isian, essay dan membuat karangan tulis sederhana untuk maharah kitabah (keterampilan menulis). Adapun font Arab dalam e-learning madrasah serta jadwal pembelajaran tidak pasti dan spesifik menjadi kendala.

Referensi

Cahyana, Ade. (2020). “Jelang AKM 2021: Mempersiapkan Higher-Order-Thinking Skills dalam Pembelajaran.†FIP- Universitas Pendidikan Indonesia. https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/Jelang%20AKM%202021-%20Mempersiapkan%20higher,%20order,%20thin_1591160959.pdf.

Creswell, John W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative. 4 ed. Baston, MA: Pearson.

Fitriani, Siti Nurul, Syarifah Syarifah, dan Ali Susanto. (2020). “Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif Melalui Media E-Learning Madrasah di MTsN 1 Kota Malang.†Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 5, no. 2: 159–82.

Hariani, Pipit Putri, dan Sri Ngayomi Yudha Wastuti. (2020). “Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19.†Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan 3, no. 2: 41–49.

Hikmah, Shofaul. (2020). “Pemanfaatan e-learning Madrasah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi di MIN 1 Rembang.†Edutrained J. Pendidik. dan Pelatih 4, no. 2: 73–85.

Kemenag. (2021). “E-Learning Madrasah Official.†https://elearning.kemenag.go.id/. Diakses 28 Desember 2021. https://elearning.kemenag.go.id/.

Khomsah, Ahmad Fadilah, dan Muassomah Muassomah. (2021). “Penerapan E-learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi.†Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 6, no. 1: 1–14.

Kosim, Nanang, Imam Turmudi, Novy Maryani, dan Abdul Hadi. (2020). “Pembelajaran bahasa Arab melalui daring: Problematika, solusi dan harapan.†Work From Home.

Kuswanto, Joko, dan Ferri Radiansah. (2018). “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI.†Jurnal Media Infotama 14, no. 1.

Meilwansyah, Teddy. “Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.†Diakses 28 Desember 2021. https://diknas.okukab.go.id/berita/detail/pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19.

Redhana, I. Wayan. (2019). “Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia.†Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 13, no. 1.

Riqza, Meidiana Sahara, dan M. Muassomah. (2020).“Media Sosial untuk Pembelajaran Bahasa Arab pada Masa Pandemi: Kajian Kualitatif Penggunaan WhatsApp pada Sekolah Dasar di Indonesia.†Alsina: Journal of Arabic Studies 2, no. 1: 71–94.

Setyawan, Cahya Edi, dan Khairul Anwar. (2020). “Peran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam Sebagai Urgensitas Menghadapi Revolusi Industri 4.0.†Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 1: 11–19.

Sulistio, Andi. (2021). “Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam Penerapan Pembelajaran Sinkron dan Asinkron Melalui Google Classroom, Google Meet Dan Aplikasi E-Learning.†SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah 1, no. 2: 63–69.

Diterbitkan
2021-12-30