زيادة الإتقان لحفظ المفردات العربية علي سبيل تطبيق أسلوب تذكير المحاكاة للطلاب غير الناطقين بهاBahasa Arab

  • Fakron Jamalin STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
  • Iva Hidayati STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
Kata Kunci: pembelajar bahasa kedua, pemerolehan bahasa kedua, metode menghafal mimicry

Abstrak

Artikel ilmiah ini diawali dari kurangnya kompetensi pelajar lulusan baru yang masuk ke sekolah menengah Islam di Madrasah Diniyah al-Karomah Malang. Penguasaan kosa kata Bahasa Arab adalah kemampuan pertama yang harus murid kuasai akan tetapi kebanyakan para murid mempunyai kelemahan dalam hal tersebut. Sehingga penelitian ini memfokuskan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana penerapan Metode Mimicry Memorization (Mim Mem Method) pada pembelajaran mufrodat di kelas 1 Madrasah Diniyah Al-Karomah (2) Bagaimana efektivitas penggunaan Metode Mimicry Memorization (Mim Mem Method) dalam  penguasaan mufradat Bahasa Arab siswa di kelas 1 Madrasah Diniyah Al- Karomah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan Juli 2020. Data penelitian diperoleh dari data kuantitatif. Kemudian data kuantitatif berupa hasil Observasi, angket, dan skor test siswa setiap siklus yang dianalisis dengan teknik prosentase dan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini, adanya peningkatkan terlihat pada hasil skor rata-rata setiap siklus. Pada pre-test siswa memperoleh skor rata-rata 56 kemudian setelah post-test pada siklus 1 meningkat menjadi 73,4. Pada post-test siklus 2 skor rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 75. Peningkatan juga terlihat pada hasil observasi aktivitas pembelajaran selama empat pertemuan. Peningkatan aktivitas pembelajaran meningkat dari 95% naik menjadi 96%.

Referensi

Afifah, Nor, Sunarto, Moh. Fery Fauzi, Irma Anindiati, and Talqis Nurdianto. (2020). “The Implementation of Mimicry Memorization Method for Novice Students in Learning Arabic Mufradat.†Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 12, no. 2: 263–80. https://doi.org/10.24042/albayan.v%vi%i.5953.

Afifudin, and Beni Ahmad Saebani. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Aini, Syafirah, and Mu’allim Wijaya. (2018). “Metode Mimicry-Memorization (Mim-Mem Method) Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Peserta Didik Di Madrasah.†PALAPA Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 6, no. 1: 90–110. https://doi.org/doi.org/10.36088/palapa.v6i1.61.

Ainurrahman. (2003). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta,

al-Ma’any. “أسلوب.†Accessed August 20, 2020. https://www.almaany.com/ar/dict/ar-ar/اسلوب/.

Alemi, Maedeh, and Ehteramsadat Tavakoli. (2016). “Audio Lingual Method.†3rd International Conference on Applied Research in Language Studies, 1–5. https://gustavorubinoernesto.com/wp-content/uploads/2020/04/3rd-International-Conference-on-Applied-Research-in-Language-Studies-Audio-Lingual-Method.pdf.

Arifin, Muhammad. (1996). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri, Syaiful Djamarah, and Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Diller, Karl C. “Some New Trends for Applied Linguistics and Foreign Language Teaching in the United States.†TESOL Quarterly 9, no. 1 (1975): 65. https://doi.org/10.2307/3586013.

Dimyati, and DKK. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Fajriyah, Zahratun. (2015). “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufrodat) Melalui Penggunaan Media Kartu Bergambar.†Pendidikan Usia DIni 9, no. 1: 109.

Gunawan, Undang. (2008). Teknik Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sayagatama.

Hermawan, Acep. (2013). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Indonesia, Republik. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional (n.d.).

Musthofa, Tulus, and Rihanatul Fauziah. (2021). “Arabic Phonological Interventions with Mimicry- Memorization Learning Method : A Review on Evidence- Based Treatment.†Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 6, no. 1: 96–102. https://doi.org/dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14396.

Mustofa, Bisri, and Abdul Hamid. (2012). Metode Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press,

Nuha, Ulin. (2012). Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press.

Nurrohmah, Nailur Rahmawati, and Hasan Busri. (2019). “Efektivitas Metode Mim-Mem (Mimicry Memorization) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Maarif NU 04 Tamansari Purbalingga.†Lisan Al-Arab Journal of Arabic Learning and Teaching 9, no. 2: 95–103. https://doi.org/10.15294/LA.V9I2.42651.

Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. (1992). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakrya.

Sudjiono, Anas. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penilitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suja’i. (2008). Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab. Semarang: Walisongo Press.

Tarigan, Henry Guntur. (2015.). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Aksara Badudu.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana.

Tukiran, Taniredja, and Hidayati Mustafadah. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta,.

جودت الركابي.) 1996.( طريق تدريس اللغة العربية. دمسق: دار الÙكر.

Diterbitkan
2021-12-31
##submission.howToCite##
Jamalin, F., & Hidayati, I. (2021). زيادة الإتقان لحفظ المفردات العربية علي سبيل تطبيق أسلوب تذكير المحاكاة للطلاب غير الناطقين بهاBahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(2), 129-144. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v6i2.4537