Manajemen Manajemen Pelaksanaan Program Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo Surabaya

  • Agus Wahid Hasan Magister Pendidikan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Danial Hilmi Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Kata Kunci: Manajemen Program, Program Pembelajaran, Bahasa Arab

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan program pembelajaran Bahasa Arab yang diadakan Di Pondok Pesantren Sunan Kalijogo, dengan fokus pada manajemen pelaksanaan dan problematika yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Analisis data melalui teknik analisis kualitatif interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan keimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pelaksanaan program pembelajaran Bahasa Arab dipondok pesantren Sunan Kalijogo berjalan dengan baik, dilihat dari kegiatannya para peserta sangat antusias dalam mengikuti program kursus tersebut yakni para peserta bisa mengikuti kegiatan sampai pada batas waktu yang ditentukan. Agar pembelajaran bahasa lebih maksimal, maka Bahasa Arab dijadikan sebagai alat komonikasi sehari-hari. Adapun permasalahan yang dihadapi pondok pesantren adalah keterbatasan tenaga pengajar, sarana dan prasarana dan kepengurusan dalam program pembelajaran. Meski terdapat kekurangan, program pembelajaran yang diadakan pondok tetap dapat berjalan lancar dan baik, di mana dalam waktu yang telah ditentukan ( 3 bulan ), para peserta telah mampu  menguasai bahasa Arab secara baik.

Referensi

Alam, Syamsu. (2016). “Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Pada Madrasah Aliyah Negeri Lappariaja Kabupaten Bone.†Tesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Al-Barry, M. Dahlan, and A. Partanto Pius. (1994). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

Aliyah, Varda Himmatul, and Danial Hilmi. (2019). “ Manajemen Perencanaan Program Bahasa Arab Di Mayantara School Malang.†Arabia 11, no. 1: 175–90.

Amtu, Onisimus. (2011). Manajemen Pendidikan Di Era Otonomi Daerah: Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, Ahmad Fuad. (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Fitri, Hazal. (2016). “Manajemen Pelaksanaan Pembelajaran ICT Di SD Negeri 46 Kota Banda Aceh.†Visipena 7, no. 2: 184–95.

Hamid, M. Abdul. (2004). Pengembangan Silabus Dan Rencana Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis KBK. Malang: UIN-Maliki Press.

Imron, Ali. (2020). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Janan Asifudin, A. (2017). “Manajemen Pendidikan Untuk Pondok Pesantren.†MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2: 355–66.

Mulyasa, Endang. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi Dan Implikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasional, Indonesia Departemen Pendidikan. (2008). “Kamus Besar Bahasa Indonesia: Pusat Bahasa,â€

Nurfarida, Ari. (2012). “Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Situs Di SMA Muhammadiyah Surakarta).†Tesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahmawati, Alvi Dyah. (2018). “Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Bahasa Arab Di Pare Kediri.†Arabi: Journal of Arabic Studies 3, no. 1: 52–60.

Roviin, Roviin. (2018). “Teacher’s Management in Arabic Instruction.†Ta’dib 20, no. 2: 176–87.

Sukardi. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Sunhaji. (2016). Manajemen Madrasah. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Umam, Islahel, Moh Hasin, and Zakiyah Arifa. (2019). “Manajemen Pengorganisasian Program Kursus Markaz Bahasa Arab Darul Lughah Waddirasat Islamiyah.†An Nabighoh 21, no. 01: 43–60.

Diterbitkan
2022-06-30