Implementasi Manajemen Kurikulum Bahasa Arab: Faktor Pendukung dan Penghambat

  • fatimatuzzahroh Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, , Bahasa Arab, Sekolah Dasar

Abstrak

Keberhasilan kurikulum dipengaruhi oleh bagaimana pengelolaan yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan mengumpulkan data dan seluruh informasi mengenai implementasi manajemen kurikulum bahasa Arab di SD Ummu Aiman Lawang dan faktor pendukung serta penghambatnya. Manajemen kurikulum di lembaga tersebut menjadi daya tarik penelitian karena kurikulum dibuat secara mandiri  oleh tim guru bahasa Arab dan diawasi oleh supervisor yang ditunjuk oleh kepala sekolah sebagai pengawas kurikulum dan guru bidang studi di sekolah. Penelitian ini  menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan: implementasi manajemen kurikulum bahasa Arab di SD Ummu Aiman telah memenuhi 6 unsur utama manajemen kurikulum, yaitu: orang (man) adalah supervisor, tim penyusun kurikulum sekaligus guru bahasa Arab, biaya (money) yang besar karena pembelajaran online dan offline, metode (method) tanya jawab, ceramah, dan mubasyaroh serta model blended learning, material (material) administrasi kurikulum (PROTA, PROMES, kompetensi dasar, materi, silabus, RPE, RPP, dan KKM), dan pasar (market) pelaksana kurikulum, pelaksana pembelajaran dan evaluasi. Sedangkan faktor pendukung berasal dari pihak sekolah, pesan supervisor dan tim penyusun kurikulum, kemampuan supervisor dan tim penyusun kurikulum dan respon siswa dan wali murid. Sedangkan faktor penghambat yaitu lemahnya diagnosis kebutuhan, kacaunya tujuan instruksional, dan evaluasi tidak sesuai dengan tujuan instruksional.

Referensi

Albantani, Azkia Muharom. 2015. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah.†Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. 2. (2)

Sumarni. 2018. Peran dan Fungsi Yayasan dalam Pengelolaan Pendidikan Madrasah. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. 16 (2)

Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Suwendra, Wayan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, dan Keagamaan. Bandung: Nilacakra

Ainurrasidah, Liza dkk. 2018. Pembentukan Karakter Peserta Didik pada Sekolah Berbasis Pesantren Melalui Implementasi Kurikulum Terpadu. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. Volume 1. Nomor 2.

Haibuan, Malayu S.P. 2007. Manajemen; Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sisk, Henry L. 1969. Principles of Management a System Approach to The Management Proses. Chicago: Publishing Company

Wijaya, Muallim. 2017. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori dan Praktek. Al-Tanzim. Vol. 1

Makinuddin, Mohammad. 2015. Konsep dan Karakteristik Manajemen Kurikulum Bahasa Arab. Miyah. Vol. 11

Zubaidi, Ahmad. 2012. Manajemen Implementasi Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah. Cendekia. Vol. 10. No. 2

Yusuf, Enjang Burhanudin. Implementasi Kurikulum Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Islam (PTAI) di Indonesia. Jurnal Tarling. Vol. 1. No. 1

Nasbi, Ibrahim. 2017. Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idarah. Vol. 1. No. 2

Roviin. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah (Analisis Pendekatan, Model dan Prosedur). Jurnal Tarling Vol. 1. No. 2

Hamalik, Oemar. 2006. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Tsuroyya, Elfa. 2017. Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Madrasah di MAN 3 Sleman Yogyakarta. Manageria. Volume 2. Nomor 2

Huda, Miftahul. 2020. Konsep, Karakteristik dan Wilayah (SCOPE) kajian Manajemen Kurikulum Bahasa Arab. El-Wahdah. Volume 1. No. 2.

Nurhidayati. 2016. Rancangan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Blended Learning. Prosiding Konferensi Bahasa Arab II.

Shobirin, Abdurrahman. dan Danial Hilmi. 2015. ‘Implikasi Manajemen Program Bahasa Arab Dalam Mencetak Lulusan Unggul’. Jurnal Pendidikan Ilmiah. 6.1

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Diterbitkan
2022-06-30