Implementation of Sorogan Method Based Java Pegon in Learning of Kutub At-Turats

  • M. Syahrul Anwar State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Riski Janu Saputra State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Umi Machmudah State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Kata Kunci: Kutub at-turats, Metode sorogan, Pondok Pesantren Islam Modern

Abstrak

Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 Malang telah mengimplementasikan metode sorogan berbasis jawa pegon dalam pembelajaran kitab at-turast, karena ciri dari pondok pesantren adalah mengajarkan kitab suci al-qur’an dan kitab turast baik itu pondok modern maupun salaf. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui penerapan metode sorogan berbasis sentuhan pegon Jawa dalam pembelajaran kitab at-turat bagi santri di pondok pesantren modern Al-Rifaie 2. (b) mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan metode sorogan berbasis jawa pegon dalam pembelajaran kutab at-turast untuk santri di Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 Malang. Peneliti menggunakan riset jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus di Pondok Pesantren Modern Al-Rifaie 2. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik Miles Huberman dan Saldana, yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini metode sorogan merupakan salah satu cara yang digunakan  dalam menyeimbangkan antara penerapan dan pembelajaran kutub at-turast di Pondok Modern Al-Rifa’ie dan implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat mengembangkan dan melestarikan metode sorogan dalam pembelajaran kutub at-turast.

Referensi

Abdul Wahab Rosyidi, Umi Machmudah, ‘Pengembangan Media Berbasis “Ispring Suite-Quiz Maker Metode Drill And Practice†Pada Pembelajaran Nahwu Untuk Santri Generasi-Z’ (Indonesia: Peningkatan Akses, Mutu, Relevansi dan Daya Saing Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, 2020.

Al-Farisi, Zaka, Pedoman Penerjemahan Arab Indonesia, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Albab, Akhmad Ulul, ‘Implementasi Manajemen Kurikulum Madrasah Murottilil Quran Al-Rifaie 2 Malang’, Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 1.1 (2019): 70–92

Barus, Muhammad Irsan, ‘Modernisasi Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra’, Jurnal Al-Kalam: Jurnal Pendidikan, Psikologi Dan Studi Islam, 2 (2017).

Dadan Nurul Haq, Ari Kurniawan, Metode Sorogan Peningkatan Kemampuan Santri Dalam Membaca Kitab Kuning, Banyumas: CV. Amerta Media, 2020,

Departemen Agama, R I, ‘Pondok Pesantren Dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan Dan Perkembangannya’, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003.

Fikri, Ibnu, ‘Aksara Pegon: Studi Tentang Simbol Perlawanan Islam Di Jawa Pada Abad XVIII--XIX’, Monograph. LP2M IAIN Walisongo Semarang, 2014.

Gemnafle, Mathias, and John Rafafy Batlolona, ‘Manajemen Pembelajaran’, Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi), 1.1 (2021), 28–42

Ibrahim, Rustam, ‘Bertahan Di Tengah Perubahan’, Yogyakarta: Sibuku, 2015.

———, Bertahan Di Tengah Perubahan Pesantren Salaf, Kiai Dan Kitab Kuning Yogyakarta: Surakarta Press, 2015.

Kismiati, R, Moh Muslih, Santika Pramesti, and Umi Mahmudah, ‘Penerapan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus Gangguan Penglihatan (Tunanetra) Di SLB Negeri 1 Pemalang’, IBTIDA- Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1.2 (2021), 50–59 <https://doi.org/10.33507/ibtida.v1i2.330>

Machmudah, Umi, and Abdul Wahab Rosyidi, ‘Bearded Translation: The Study of Indonesian Islamic Culture and Its Role in Character Building’, Icri 2018, 2020, 74–80 <https://doi.org/10.5220/0009916500740080>

Mahfud, Moh, and Artamin Hairit, ‘Pondok Pesantren Masa Depan (Studi Pola Manajemen PP. Nahdlatun Nasyiin Bungbaruh Kadur Pamekasan)’, Fikrotuna, 4.2 (2016)

Miles, Matthew B, A Michael Huberman, and Johnny Saldaña, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook Sage publications, 2018.

Muqoyyidin, Andik Wahyun, and others, ‘Kitab Kuning Dan Tradisi Riset Pesantren Di Nusantara’, IBDA: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 12.2 (2014), 119–36

Muzayanah, Masudatul, Muhammad Hanief, and Yorita Febry Lismanda, ‘Peran KH. Ahmad Zamachsyari Dalam Mengembangkan Pendidikan Islam Di Pondok Modern Al-Rifaie Gondanglegi’, Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 4.5 (2019), 72–81

Siradj, Said Aqiel, Marzuki Wahid, Saefuddin Zuhri, and others, Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan Dan Transformasi Pesantren, Pustaka Hidayah, 1999.

Subhan, Arief, Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad Ke-20: Pergumulan Antara Modernisasi Dan Identitas, Jakarta: Kencana, 2012,

Wahyuni, Sri, and Rustam Ibrahim, ‘Pemaknaan Jawa Pegon Dalam Memahami Kitab Kuning Di Pesantren’, Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 17.1 (2017), 4–21 <https://doi.org/10.32699/mq.v17i1.920>

Yusri, Diyan, ‘Pesantren Dan Kitab Kuning’, Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6.2 (2019), 647–54

Diterbitkan
2022-12-30
Bagian
Articles