Kajian Living Qur’an di Pondok Pesantren Guna Menanggulangi Kekerasan Verbal Pada Anak

  • Neily Fitriyah Suparman Neily Fitriyah Suparman Institut Ilmu Al-Qur'an Jakarta, Indonesia
  • Fakron Jamalin STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
  • Yudisthira Ade Hermansyah STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
Kata Kunci: Islamic boarding school, verbal violance, living Qur'an

Abstrak

Bebarapa kasus kekerasan verbal pada anak banyak terjadi di lingkungan sekitar. Hal ini melatarbelakangi para orang tua di Indonesia, untuk menitipkan pendidikan anaknya ke pondok pesantren karena dianggap menjadi tempat aman dari tindakan kekerasan. Studi ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana pondok pesantren menggantikan peran orang tua di lingkungan pondok pesantren dan upaya seperti apa yang dilakukan pondok pesantren dalam menanggulangi kekerasan verbal pada anak. Penelitian dilaksanakan di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede Oku Sumatera Selatan. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang fokus pada fenomena penerapan living Qur’an di lapangan. Data diambil dari hasil wawancara dan dokumen tertulis pondok pesantren. Hasil penelitian menyimpulkan, upaya penanggulangan kekerasan verbal pada anak di lingkungan pondok pesantren modern Nurussalam sidogede yaitu: 1) dengan adanya asrama santri terpantau tutur kata, prilaku dan adabnya, 2) adanya peraturan dan kedisiplinan di pondok pesantren yang berlandaskan Al-Qur’an dan hadist, 3) implementasi nilai-nilai pondok kedalam diri anak, 4) faktor syar’iyah Islamiyah yaitu pelajaran yang di ajarkan di kelas berdasarkan Al-Qur’an dan hadist kemudian diterapkan dalam keseharian santri, yaitu santri mengetahui ayat Al-Qur’an surat al-hujurat ayat 11 mengenai larangan kekerasan verbal di dalam Al-Qur’an kemudian santri mengamalkan ayat tersebut dan berpengaruh terhadap tuturkata santri dan prilakunya.

Referensi

Al-Asfahani, Abi al-Qasim al-Husain bin Muhammad al-Raghib. Al-Mufradat Fi Gharib Al-Qur’an. Beirut: Dar al-Kutub al- Ilmiyah, 2013.

Al-Maraghi, Ahmad Musthofa. Tafsir Al-Maraghi. Beirut: Dar al-Fikr, 2006.

An-Naisaburi, Abul Hasan Ali bin Ahmad Al-Wahidi. Asbabun Nuzul. Jakarta: Darul Kutub Al-Islamiyyah, 2010.

Anshori, Cecep Sudirman. “Ukhuwwah Islamiyyah Sebagi Pondasi Terwujudnya Organisasi Yang Mandiri Dan Profesional.†Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 14, no. 1 (2016): 117–25. http://jurnal.upi.edu/file/08_Ukhuwah_Islamiyah_-_Sudirman.pdf.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Research. Bandung: Tarsoto, 1995.

Armiyanti, Iin, Khusnul Aini, Rista Apriana, and Progam Studi Ners STIKES Widya Husada Semarang Jl Subali Raya No. “Pengalaman Verbal Abuse Oleh Keluarga Pada Anak Usia Sekolah Di Kota Semarang.†Jurnal Keperawatan Soedirman 12, no. 1 (March 23, 2018): 12–20. https://doi.org/10.20884/1.JKS.2017.12.1.714.

Azwar, Saifudin. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.

Dhofier, Zamakhsyari. Tadisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai. Jakarta: LP3S, 1984.

Gunarsa, Singgih D, and Yulia Singgih D. Psikologi Praktis: Anak, Remaja Dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia, 2004.

Habillah, Ahmad ’Ubaydi. Ilmu Living Quran-Hadis: Ontologi, Epistimologi, Dan Aksiologi. Tanggerang Selatan: Darus-Sunnah, 2019.

Halima. “Terapi Motivasi Berpuasa Sunah Senin Kamis Terhadap Pengendalian Emosi Amarah Santri MTS Di Pondok Pesantren Nurul Qomar Palembang.†UIN Raden Fatah Palembeng, 2022. http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20591.

Hamka. Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Pusataka Panjimas, 1982.

Hanafi, A. Asas-Asas Hukum Pidana. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1994.

Ibnu Mandzur, Imam al-’Alamah. “Lisan Al-‘Arabi.†Mesir: Darul Hadits, 2003.

Jakti, Dorodjatun Kuntjoro. Menerawang Indonesia Pada Dasawarsa Ketiga Abad Ke-21. 1st ed. Jakarta: Pusataka Alfabet, 2012.

Kartono, Kartini. “Patologi Sosial.†Jakarta: Rajawali Press, 2014.

Lubis, Chairumandan Suhrawardi. Hukum Perjanjian Dan Hukum Islam. Jakarta: Sinar Grafika, 1996.

Lucien, Vanliners. Memutus Rantai Kekerasan. BPK Gunung Mulia, 2010.

Maghfirah, Ilham, and Duryati Duryati. “Hubungan Gaya Pengasuhan Ustad Asrama Dengan Kekerasan Verbal Pada Santri Remaja Pondok Pesantren.†Jurnal Riset Psikologi 2019, no. 4 (December 19, 2019): 7–10. https://doi.org/10.24036/JRP.V2019I4.7971.

Mansyur, M. Living Qur’an Dalam Lintas Sejarah Studi Qur’an,Dalam Metodologi Penelitian Living Qur’an Dan Hadis. Yogyakarta: Teras, 2007.

Moleong, Lexy L. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya, 1997.

Munawwir, Ahmad Warson. Kamus Al-Munawir. Surabaya: Pusataka Progresif, 1997.

Musbiqin, Iman. Istantiq Al-Qur’an: Pengenalan Studi Al-Qur’an Pendekatan Interdisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, n.d.

Mushaf Al-Qur’an Tadabbur Maiyah Padhangmbulan. Malang: Yayasan Maiyah AL-MANHAL Malang Forum Pelayan Al-Qur’an, 2020.

Mustaqim, Abdul. Metode Penelitian Al-Qur’an Dan Tafsir. Yogyakarta: Idea Press, 2017.

Nusantaram, Ariobimo, and Yayasan Semsi Jiwa Amini. Bullying Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: PT. Grasindo, 2008.

Persons, Les. Bullied Teacher Bullied Student (Guru Dan Siswa Yang Terintimidasi) Mengenali Kekerasan Disekolah Anda Dan Mengatasinya. Grasindo, n.d.

Prakoso, Abintoro. Pembaruan Sistem Peradilan Pidana Anak Ed. Revisi. Aswaja Pressindo, 2016.

Priyatna, Andri. Lets End Bulliyig: Memahami, Mencegah Dan Mengatasi Bulliying. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2010.

Puspita, Weni. Manajemen Konflik (Suatu Pendekatan Psikologi, Komunikasi Dan Pendidikan). Yogyakarta: Deep Publish, 2018.

Rahmat, Pupu Saeful. “Penelitian Kualitatif.†Jurnal Equilibrium 5, no. 9 (2009).

Rozak, Purnama. “Kekerasan Terhadap Anak Dalam Rumah Tangga Perspektif Hukum Islam .†Sawwa: Jurnal Studi Gender 9, no. 1 (October 30, 2013): 45–70. https://doi.org/10.21580/SA.V9I1.665.

Rusmana, Dadan. Metode Penelitian Al-Qur’an & Tafsir. Bandung: Pusataka Setia, 2015.

Shobahah, Luthfiatus. “Praktik Pembacaan Yasin Fadilah Di Masyarakt Prespektik Living Qur’an Dan Analisis Perubahan Sosial(Studi Kasus Di Majelis Taklim Al-Muthmainnah Desa Lemahabang Kulon, Kec. Lemahabang, Kab. Cirebon).†Diya Al-Afkar: Jurnal Studi Al-Quran Dan Al-Hadis 5, no. 02 (December 1, 2017): 315–38. https://doi.org/10.24235/SQH.V5I02.4344.

Soetjiningsih, Christiana Hari. Seri Psikologi Perkembangan: Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Kencana, 2018.

Soetodjo, Wagiati. Hukum Pidana Anak. Bandung: Refika Aditama, 2006.

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Permata Puri Media, 2012.

Supeno, Hadi. Kriminalisasi Anak Tawaran Gagasan Peradilan Anak Tanpa Pemidanaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.

Suyanto, Bagong. Krisis & Child Abuse: Kajian Sosiologis Tentang Kasus Pelanggaran Hak Anak Dan Anak-Anak Yang Membutuhkan Perlindungan Khusus (Children in Need of Special Protection). Airlangga Press, 2002.

———. Masalah Sosial Anak. Jakarta: Prenadamedia Group, 2010.

Syamsuddin, Sahiron. Metode Penelitian Living Qur’an Dan Hadis. Yogyakarta: Teras, 2007.

Vega, Asla De, Hapidin, and Karnadi. “Pengaruh Pola Asuh Dan Kekerasan Verbal Terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence).†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 2 (July 16, 2019): 433–39. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V3I2.227.

Warsan, Windu. Kekuasaan Dan Kekerasan Menurut Jhon Galtung. Yogyakarta: Pusataka Pelajar, 2002.

Yasmadi. Modernisasi Pesantren Kritik Nurcholish Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Zakiyah, Ela Zain, Sahadi Humaedi, and Melianny Budiarty Santoso. “Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying.†Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 2 (July 31, 2017). https://doi.org/10.24198/JPPM.V4I2.14352.

Zuhrudin, Ahmad. “Reformulasi Bahasa Santun Sebagai Upaya Melawan Kekerasan Verbal Terhadap Anak.†Sawwa: Jurnal Studi Gender 12, no. 2 (April 30, 2017): 265–76. https://doi.org/10.21580/SA.V12I2.1706.

Diterbitkan
2022-12-30
Bagian
Articles