إدارة الصف في تعليم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية باسوروان

  • Siti Mashlahah Al Fikri UIN Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Siti Fathimah Al Fathiyah STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Manajemen Kelas, Blended Learning

Abstrak

Pengelolaan kelas merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap guru, karena dalam pengelolaan kelas terdapat interaksi positif yang harus dibangun oleh guru dan peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung, oleh karena itu pengelolaan kelas menjadi salah satu yang sangat penting yang harus dikuasai oleh guru. Kegiatan pengelolaan kelas dan pembelajaran bahasa Arab bermaksud menciptakan suasana dan kondisi kelas secara stabil dan nyaman agar proses kegiatan belajar mengajar dapat berlangusng secara efektif dan efisien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis pengelolaan kelas dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Kota Pasuruan baik dalam kegiatan belajar secara tatap muka maupun secara online. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan melalui skema pengumpulan data, kondensasi data, display data dan verifikasi serta kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas, kondisi kelas yang memungkinkan untuk proses pembelajaran, pembelajaran dilangsungkan dengan menggunakan kurikulum 2013. Dan juga kegiatan pembelajaran secara online menggunakan fasilitas e-learning, grup WhatsApp, Youtube, dan Zoom Meating. Pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas dilakukan dengan penanaman disiplin kelas dan pemberian aturan yang mengajak siswa belajar aktif serta proses pembelajaran menyenangkan dalam bentuk perubahan posisi duduk dengan tujuan tertentu, sementara pembelajaran di luar kelas dilakukan dengan pembiasaan praktik berbahasa dan permainan.

Referensi

Adi, Sugeng Susilo. (2016). Classroom Management untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Ekawati, Dian. (2018). Strategi Pengelolaan Kelas Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal An-Nabighoh. 20(1), 97-110.

Faiqah, N. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di sekolah. At-Tafkir, 10(1), 64-85.

Indrawan, Irus, dkk. (2020). Guru Profesional. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Minsih & Aninda Galih. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. 5(1), 20-27.

Mulyadi. (2009). Classroom Management. Malang: Aditya Media.

Priansa, Euis Karwati & Donni Jui. (2014). Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 15 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia.

Rosikh, fahrur & Ahmad Affan Zaini. 2019. Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ummul Qura. 13(1), 27-38.

Sudirman. (1991). Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunaengsih, Cucu. (2017). Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan. Sumedang: Sumedang Press.

Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. 2(2). 30-46.

Wiyani, Novan Ardy. (2013). Manajemen Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yamin, Martinis & Maisah. (2006). Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Zahroh, Lailatu. (2015). Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Tasyri’I. 22(2). 175-189.

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles