Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab dengan Permainan My Happy Route di Sekolah Dasar

  • Alaudin Ahmad UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Nur Khozim Muhlis UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Muhammad Amin Fathih UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Permainan Happy Route, Pembelajaran Kosakata

Abstrak

Pembelajaran mufradat menuntut kreatifitas pengajar dalam menyajikan inovasi yang mewadahi peningkatan hasil belajar. Namun kenyataannya bahwa pembelajaran mufradat di SD Raudhatul Qur’an tidak sesuai target sehingga peneliti memandang perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan My Happy Route yang bertujuan mewadahi kemampuan menghafal kosakata. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media melalui permainan My Happy Route di sekolah Raudhatul Qur’an dan mengukur tingkat efektifitasnya. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) Borg and Gall. Adapun prosedurnya menggunakan 8 tahap, yaitu: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji pemakaian. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan permainan My Happy Route dilakukan dengan desain produk, pengembangan konten, uji kelayakan, uji coba lapangan dan finalisasi produk. Adapun hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa produk yang dibuat dan dirancang oleh peneliti sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran dikarenakan adanya peningkatan nilai dari pretest yang rata-ratanya 80 meningkat ke post-test menjadi rata-ratanya 94,4. Melalui produk ini, anak-anak menjadi semangat untuk belajar dan menghafal kosakata yang sesuai dengan materi mereka.

Referensi

Alam, Azhar, dan Kusnul Khotimah. (2021). “Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Melalui Game Arabic Treasure Hunter.†MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1(1): 58–77.

Asnimar. (2017). “Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Siswa Kelas V SD Negeri 002 Batu Bersurat Asnimar SD Negeri 002 BATU Bersurat.†Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 1(November): 208–16.

Azizah, Hanifah Nur. (2018). “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall.†Alsuniyat 1(1): 1–16.

Hasan, Muhammad et al. (2021). Tahta Media Group Media Pembelajaran. Sukoharjo: Tahta Media Group.

Hasna Qonita Khansa. (2016). “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab.†Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II: 53–62.

Hilmi, D. (2021). â€Impact of Arabic Online Learning in The Perspective of How The Brain Learns." Ijaz Arabi: Journal of Arabic Learning, 4(1), 59-73. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v4i1.10442

Hs, Ahmad Iqbal, and Wuni Mei Suriningsih. (2021). “Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan roda putar pada pembelajaran kosakata bahasa arab di Taman Kanak-Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 291-303

Isnaini, Nurul, & Nurul Huda. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Permainan My Happy Route Pada Siswa Kelas VIII MTSN 10 Sleman.†Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 3(1).

Mujib, Ahmad, & Ahmad Bashori. (2020). “تطوير مادة تعليم المÙردات لبرنامج ‘صباح اللغة’ على أساس النظرية السلوكية لطلبة معهد الجامعة.†TSAQOFIYA : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Ponorogo 1(2).

Nasyiah, I., Zukhaira, Z., & Nawawi, M. (2022). Pengembangan Buku Cerita Sunan Kalijaga Berbahasa Arab Untuk Siswa MI/SD Islam Di Kabupaten Demak. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 11(2), 71-79.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syarifah dan Ahmad Rodli. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Arabic Corner MumtÄz untuk Meningkatkan Penguasaan MufradÄt Kelas XI Agama 2 MAN 3 Bantul. al MahÄra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 231-248.

Vandayo, T., & Hilmi, D. (2020). "Implementasi Pemanfaatan Media Visual untuk Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Arab." Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(2), 217-236. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i2.3873

Winaryati, Eny, Muhammad Munsarif, Mardiana, and Suwahono. (2021). Cercular Model of RD&D (Model RD&D Pendidikan Dan Sosial). Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 41-56.

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles