Pola Asuh Guru Dan Orang Tua Kala Pandemi: Model Penerapan Dan Problematika Yang Dihadapi

  • Noer Rohmah STIT Ibnu Sina Malang, Indonesia
  • Zaenal Fanani STAI Nahdhatul Ulama Malang, Indonesia
Kata Kunci: Problematika Pola Asuh, Model Pola Asuh, Pembelajaran saat pandemi

Abstrak

Pembelajaran secara online yang menjadi sebagai salah satu kebijakan pemerintah dalam menyikapi masa pandemi covid-19 yang lalu, ternyata telah memunculkan banyak problem. Problematika ini dialami oleh orang tua dan guru terutama dalam menerapkan pola asuh yang sesuai agar pembelajaran tetap efektif kala kondisi pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara normal karena situasi pandemi.  Penelitian ini bertujuan menggali model, problematika yang dihadapi, beserta solusi yang dilakukan khususnya dalam hal pola asuh yang harus disesuaikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitataif dengan rancangan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) model pola asuh yang dilakukan diantaranya: demokratis (mayoritas), permisif dan otoriter. 2) Bentuk problematika pola asuh yang dihadapi guru dan orang tua beberapa diantaranya: guru ada yang masih lemah menggunakan literasi digital termasuk masih lemah juga menggunakan model dan strategi pembelajaran yang variatif;  karakter dan pengetahuan orang tua terkait dengan materi pendidikan terbatas; kesibukan orang tua. 3) Berbagai langkah telah ditempuh oleh sekolah dalam mengatasi problematika tersebut, baik problem dari guru maupun orang tua agar pembelajaran yang dilakukan secara daring bisa tetap efektif dan menyenangkan.

Referensi

Ahmadi, A. (2004). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arumsari, R. (2017). Perbedaan Motivasi Belajar Antara Siswa Yang Berasal Dari Jawa Dan Dari Papua Di SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Simki-Pedagogia, 1(01).

Daradjat, Z. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. (2014). Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Erawati, M. (2007). Pola Pengasuhan dan Pendidikan Anak. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gatra. (2020, June 11). Keselamatan Siswa Menjadi Prioritas. Majalah Gatra, XXVI(33), 46–49.

Hamad, I. (2020, June 22). Satelit Pendidikan | Republika ID. Republika.Id. https://republika.id/posts/7749/satelit-pendidikan

Hamdani, H., & Saebani, B. A. (2013). Pendidikan karakter perspektif islam. Bandung: Pustaka Setia.

Indahri, Y. (2020). Permasalahan pembelajaran jarak jauh di era pandemi. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR R, 12, 13–18.

Ismail, S. M., Huda, N., & Kholiq, A. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khomsah, A. F., & Muassomah, M. (2021). Penerapan e-learning dalam pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), 1-14.

Lutfiyatun, E. (2022). Optimasi Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Dengan Media Youtube. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7 (1), 1–14.

Mediana. (2020, June 16). Kemendikbud Siapkan Kurikulum Khusus Masa Pandemi. kompas.id. https://www.kompas.id/baca/dikbud/2020/06/17/kemdikbud-siapkan-kurikulum-khusus-masa-pandemi/

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). New York: Sage Publications, Inc.

Musyarrofah, H., Syarifiyah, H. N., & Bachtiar, M. A. (2021). Analisis Penggunaan E-Learning Madrasah sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 2 Kota Surabaya di Era Pandemi Covid-19. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(2), 83-100.

Rohmah, N. (2020, July 16). Pola Asuh Orang Tua Di Era Pandemi Covid-19—TIMES Indonesia. https://timesindonesia.co.id/kopi-times/283806/pola-asuh-orang-tua-di-era-pandemi-covid19.

Shochib, M. (1998). Pola asuh orang tua: Untuk membantu anak mengembangkan disiplin diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistyawati, R., & Hilmi, D. (2021). Efektivitas Zoom Cloud Meeting sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Online di UIN Sunan Ampel Surabaya. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(2), 145-156.

Syamaun, N. (2012). Dampak Pola Asuh Orang Tua dan Guru Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ulwan, N. (1994). Pendidikan Anak dalam Islam (Djamaludin, Trans.). Jakarta: Pustaka Amani.

Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winahyu, A. I. (2020, June 16). Panduan Belajar belum Sentuh Kurikulum. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/320832/panduan-belajar-belum-sentuh-kurikulum.html

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles