Analisis Implementasi Model Pengembangan Kurikulum D.K. Wheeler Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah

  • Faiza Fitria Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Anis Nurma Sabila Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Danial Hilmi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Pengembangan Kurikulum, Model D.K. Wheeler

Abstrak

Memandang realita yang terjadi dalam dunia pendidikan dewasa ini, aspek kurikulum memegang peranan penting sebagai pengendali utama proses pembelajaran dalam seluruh komponen lembaga pendidikan.  Hal ini menyebabkan perlu diadakannya pengembangan kurikulum berdasarkan situasi dan kebutuhan masyarakat di sekitar lembaga, termasuk kurikulum bahasa Arab yang telah berkembang sekian kali dari awal perumusannya oleh pemerintah. Dalam mengembangkan kurikulum, seorang pengembang perlu memperhatikan komponen kurikulum dengan merujuk suatu model pengembangan kurikulum di antaranya model D.K. Wheeler untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pengembangan kurikulum D.K. Wheeler di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Almaarif 01 Singosari, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab yang dianggap sebagai salah satu materi penting dalam pembelajaran sekolah Islam atau madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif berdasarkan studi pustaka dengan menganalisis data yang bersumber dari observasi, wawancara, serta studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengembangan kurikulum pembelajaran Bahasa Arab yang dilaksanakan oleh MTs Almaarif 01 Singosari mengadopsi model D.K. Wheeler pada seluruh aspeknya meliputi 1) penentuan maksud dan tujuan berupa kesesuaian perkembangan Kompetensi Dasar dengan perkembangan Kompetensi Inti; 2) penentuan pengalaman belajar berupa mengamati, menirukan, menyimak, dan memperhatikan konten; 3) penentuan materi berupa perkembangan materi kebahasaan yang dapat digunakan untuk diskusi Bersama; 4) organisasi pengalaman belajar dan materi berupa pemetaan dalam silabus; serta 5) evaluasi berupa penilaian pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Referensi

Aimah, S. (2021). Model Pengembangan Kurikulum Berbasis Pada Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 253–280.

Aulia, N. (2020). Model dan Strategi Pengembangan Kurikulum Agama Islam. Jempol, 1(1), 1–19. http://jurnal.stit-lingga.ac.id/index.php/jempol/article/view/18

Aziz, H. M. A. (2019). Metode Diskusi Qiro’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Minat Belajar. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 4(1), 18-37.

Bisri, M. (2020). Komponen-Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum. Prosiding Nasional: Peluang dan Tantangan Studi Islam Interdisipliner dalam Bingkai Moderasi, 3, 99–110.

Hajrah, & Razaq, Abd. R. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Motivasi Siswa Kelas VIII SMP Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan. Al-Maraji’, 2(1), 11–22.

Hasanah, M., Mubaligh, A., Sari, R. R., Syarofah, A., & Prasetyo, A. (2021). Rekonstruksi Kurikulum Bahasa Arab: Berdasarkan Perspektif ACTFL dan Douglas Brown. Ijaz Arabi, 4(3), 779–801.

Herdah. (2020). Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab. Parepare: IAIN Parepare Press.

Idi, A. (2016). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Surabaya: Rajawali Press.

Kailani, R. (2021). Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Kurikulum, 18(2), 178–195. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jik.v18i2.35798

Moleong, L. J. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal. Yogyakarta: UPN Veteran Press.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Rouf, M., Said, A., & HS, D. E. R. (2020). Pengembangan Kurikulum Sekolah: Konsep, Model, dan Implementasi. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 5(2), 23–41. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/106

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Tharaba, F. (2017). Pengembangan Kurikulum: Kajian Analitis, dan Aplikatif Pendidikan Islam. Malang: Dream Litera Buana.

Unsi, B. T. (2020). Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Melalui Penerapan Metode Drill. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 71–86.

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, 105–113. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660

Yunus, Moch., & Aziz, Abd. (2022). Manajemen Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab (Studi Tentang Pross dan Mekanisme Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab). Al-Fikru, 3(1), 104-113.

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles