Urgensi Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik melalui Pembelajaran Al-Qurân Hadits di Madrasah Ibtidaiyah
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dekadensi karakter religius anak zaman sekarang yang tidak mencerminkan penerus bangsa yang baik dan berkarakter. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan urgensi pembelajaran Al-Quran Hadits dalam membentuk karakter religius, metode membentuk karakter serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Qur’an Hadits di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kepustakaan (library research). Data-data diperoleh dari buku dan artikel ilmiah berasal dari internet yang relevan dengan pembahasan penelitian. Metode pencarian data menggunakan aplikasi Publish or Perish untuk mengakses koleksi data dan sumber informasi dari jurnal dari database Crossref dan Google Scholar dengan menginput keyword â€Pembentukan Karakter†dan â€Pembelajaran Al Quran Hadits Madrasah Ibtidaiyahâ€. Teknik analisa data dilakukan dengan tahapan Miles And Huberman. Hasil penelitian menunjukkan:1) Pembelajaran Al-Quran Hadits penting sebagai pembentukan karakter religius peserta didik, 2) Faktor pendukung untuk pembentukan karakter religius diantaranya adalah dukungan orang tua, guru dan masyarakat, serta adanya fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor bawaan karakter, pola asuh keluarga dan lingkungan yang tidak mengedukasi. 3) Adapun Metode pembentukan karakter religius melalui pembelajaran Al Quran hadits dapat dilakukan dengan keteladanan dan pembiasaan, serta metode fun learning.
Referensi
Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 107–115. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33.
Arito, A., Husniyah, F., & Ramadhanisnaini, N. M. (2022). Model Pendidikan Nilai dengan Orientasi Pemberdayaan Peserta Didik. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(2), 193-210.
Detik.com. (24 November 2022). Pelajar Tendang Nenek di Tapanuli Selatang: Kronologi Hingga Pelaku Tersangka. https://news.detik.com/berita/d-6424046/pelajar-tendang-nenek-di-tapanuli-selatan-kronologi-hingga-pelaku-tersangka
Efendi, J. (2022). Pembelajaran Al- Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan. SKULA: Jurnal Pendidikan Provesi Guru Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan, 2(3), 113–118.
Efendi, R., & Ningsih, A. R. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. Pasuruan: Penerbit Qiara Media.
Hidayatullah, M. F. (2018). Paradigma Pendidikan Keluarga: Supervisi dan Motiv Keterlibatan Orang Tua dalam Pelaksanaan Ibadah. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 58-74.
Imansyah, H. (2020). Membentuk Karakter Religius Siswa melalui Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri 2 Hulu Sungai Tengah. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 7(1), 9–18.
Jadidah, A. (2021). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam: Problematika dan Solusi. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), 65-82.
Japar, M., Zulela, M. S., & Mustoip, S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Lutfi, M. K. (2022). Pembentukan Karakter Religius Santri Madrasah Diniah (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Miftakhul Ulum Gambirkuning Kraton Pasuruan): Jurnal Tarbawi, 10(02), 1–13.
Luthfiyah, R., & Zafi, A. A. (2021). Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus. Jurnal Golden Age, 5(2), 513–526.
Mahmudiyah, A., & Mulyadi. (2021). Pembentukan Karakter Religius di Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pesantren. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 55–72. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.223
Muchtar, A. D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Nandasari, R. N., Somantri, E. B., & Jati, S. N. (2016). Analisis Pendidikan Karakter Religius di Kelas A2 Taman Kanak-Kanak Bina Insan Pontianak Tenggara Ria. Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–7.
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Pranowo, D. J. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian dan Kerja Sama pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis dengan Metode Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 1–19.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Ramli, N. (2020). Pendidikan Karakter: Implementasi Pembelajaran IPS Tingkat Menengah. Pare-Pare: IAIN Parepare Nusantara Press.
Rasikh, A. (2019). Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah: Studi Multisitus pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Model Sesela dan Madrasah Ibtidaiyah At Tahzib Kekait Lombok Barat. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1), 14–28. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i1.1107
Rofi’ie, A. H. (2017). Pendidikan Karakter Adalah Sebuah Keharusan. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 1(1), 113–128. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2017.001.01.7
Rohmah, N., & Aziz, N. C. (2018). Peran Wanita dalam Pembinaan Mental Agama Generasi Bangsa Masa Depan (Telaah Kritis Peran Ganda Perempuan Perspektif Islam). AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 56-70.
Santika, T. (2018). Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(2), 77-85.
Santoso, A., Iman, N., & Ariyanto, A. (2020). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al-Qur’an Hadits di MI Muhammadiyah 12 Ngampel Balong Ponorogo. Jurrnal Mahasiswa Tarbawi: Journal on Islamic Education, 4(2), 123–130.
Suparlan. (2021). Penguatan Pendididikan Karakter dengan Menggunakan Metode Imtaq dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar/MI. MASALIQ: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 17–32.
Wahyuni, A. (2021). Pendidikan Karakter: Membentuk Pribadi Positif dan Unggul di Sekolah. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Yahya, M., & Ramadan, W. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMA Se Kalimantan Selatan. Banjarmasin: Antasari Press.
Zaman, B. (2019). Urgensi Pendidikan Karakter yang Sesuai dengan Falsafah Bangsa Indonesia. AL GHAZALI :Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 16–31.