Strategi Optimalisasi Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Menuju Madrasah Berprestasi

  • Alifia Taufika Rahmah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Fatimatul Baroroh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Rafid Mauludi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Armai Arief UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Hasyim Asy'ari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Kata Kunci: Pemberdayaan sumber daya manusia, sekolah berprestasi, Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Abstrak

Peningkatan Kualitas madrasah seringkali terkendala karena daya saing SDM yang rendah. Meski demikian, beberapa madrasah tampak mampu mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki hingga bisa menjadi madrasah berprestasi. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana strategi madrasah dalam mengoptimalkan pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia yang dimiliki hingga menuju madrasah berprestasi. penelitian dilaksanakan di MTsN 31 Jakarta. Subjek penelitian ini adalah Tenaga Administrasi sekolah (TAS), guru, kepala sekolah serta Wakil kepala sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Melalui tiga langkah analisis data: data reduction; data display; dan conclusion drawing/verifying, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima upaya strategis yang dilakukan pimpinan madrasah: (1) pelatihan untuk guru dan Tenaga Administratif Sekolah (TAS); (2)   Optimalisasi Kegiatan Supervisi; (3) Mendorong Peran Aktif Guru dalam Peningkatan Kompetensi dan Pengembangan Karir; (4) Peningkatan Kompetensi Para Pimpinan Madrasah; (5) Budaya Musyawarah dan Membangun Suasana Partisipatif. Temuan ini berimplikasi agar para pengelola madrasah memperhatikan kelima faktor kunci tersebut untuk diimplementasikan jika mengharapkan hadirnya prestasi di madrasah.

Referensi

Admodiwiro. (2005). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT Arda Dizya Jaya.

Bennis, W. G., Nanus, B., & Bennis, S. (1985). Leaders: Strategies for taking charge (Vol. 200). New York: Harper & Row.

Bill & Melinda. (2010). Empowering Effective Teachers: Strategies for Implementing Reforms. United States: Gates Foundation

Fathih, M. A., & Muhlis, N. K. (2023). Problematika Penerapan Manajemen Pendidikan di Lembaga Pendidikan Islam. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 20-29.

Gunawan, I. (2015). Mengembangkan Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Nilai dan Etika. Proceeding National Seminar and International Conference Scientific Forum-Faculty of Education Department of Science Educatioin (FIP-JIP). Gorontalo: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.

Gunawan, I., & Benty, D. D. N. (2017). Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Hakim. (2014). Dinamika Manajemen Sumber Daya Manusi Dalam Organisasi. Semarang: EF Press Digimedia.

Idris, Amiruddin. (2016). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish.

Kasman, P. S. P. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Bank Syariah Indonesia: Pemberdayaan Sumber Daya Manusia, Motivasi Kerja dan Perubahan Organisasi (Literature Review Manajemen). Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 2(2), 689-696.

Kouzes, J., & Posner, B. (1987). The Leadership Challenge. San Fransisco: Josey-Bass.

Kusumaningrum, D. E., Triwiyanto, T., & Gunawan, I. (2016). Educational management of natural disaster response at Lapindo Mudsidoarjo East Java. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 6(4), 1-8.

Maisyaroh. (2014). Pengembangan Staf di Lembaga Pendidikan. Manajemen Pendidikan, 24(4), 274-281

Marnis, P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Mubarak, F. (2015). Faktor dan Indikator Mutu Pendidikan Islam. Management of Education, 1(1), 10-18.

Porter-O'Grady, T. (1992). Transformational leadership in an age of chaos. Nursing Administration Quarterly, 17(1), 17-24.

Rakhman, F. (2012). Profesionalitas Kepala SMP Standar Nasional Pondok (Studi Multikasus pada 3 SMP Swasta Standar Nasional). Disertasi. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rivkin, S. G., Hanushek, E. A., & Kain, J. F. (2005). Teachers, schools, and academic achievement. Econometrica, 73(2), 417-458.

Rohiat. (2012). Manajemen Sekolah. Bandung: PT Refika Aditama.

Rosyada, Dede (2020). Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Rukin (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Surabaya: Jakad Media Publishing.

Sumardi, K. (2012). Potret Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Salafiah. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1246

Syarufuddin, Elis, A. F., Nanang, T., Fitria, H. P., Dicky, J. S. B., & Satriadi. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Batam: CV Rey Media Grafika.

Terry, G. R. (2012). Office Management and Control. America: Richard D. Irwin.

Usman, H. (2007). Peranan dan Fungsi Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah dan Upaya Mengefektifkannya. Jurnal Tenaga Kependidikan, 2(2), 13-29.

Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Articles