إدارة تعليم اللغة العربية في الدورة المكثفة بمركز الكافة باميكاسان

  • Ach. Fadoli Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Nailul Authar Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Nur Kholid Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Kata Kunci: Manajemen Program, Kursus Bahasa Arab, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstrak

Manajemen pendidikan yang baik akan mempengaruhi mutu pendidikan bagi peserta didik agar menghasilkan lulusan yang berdaya saing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan program kursus di elkaffah Center, meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini, perencanaan program yang diterapkan di kursus intensif meliputi desain kurikulum, membuat outline rencana studi, membuat rencana pembelajaran untuk guru, mengatur jadwal pembelajaran serta menetapkan tujuan yang ingin dicapai. Pelaksanaan kursus intensif berlangsung setiap hari sehingga evaluasi yang dilakukan mencakup kepada evaluasi program dan evaluasi pembelajaran. Untuk evaluasi pembelajaran dilakukan setiap hari kecuali hari sabtu dan minggu dengan cara dibagi menjadi dua bagian yaitu tes tulis dan tes lisan. Adapun evaluasi yang berkaitan dengan pengelolaan progam kursus intensif itu sendiri dilakukan setelah proses kursus berakhir dalam satu periode.

Referensi

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip. Teknik, dan Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S., & Yuliana, L. (2008). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Bakhir, M. (2009). Isykaliyyat Nadhariyah wa Tathbiqiyah fi Ta‟ limi al Lughah al „Arabiyah li an Nathiqina bi Ghairiha. Majallah al Islam fi Asiya, 6(1), 63-88.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effend, A. F. (2012). Metodologi Pegajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Ernawati, E. (2018). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Pariwisata. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 5(1), 15–37.

Fathurrohman, P., & Sutikno, M. S. (2007). Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Hasibuan, M. S. P. (2007). Manajemen: dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara

Imam, M., & Didin, K. (2016). Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Iskandar, I., & Widyastri, S. (2020). Analisis Manajemen Lembaga Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. An Naba, 3(2), 84–94.

Islam, A. M. S. (2015). Faktor Demotivasi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Perspektif Siswa Madrasah. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 1–16.

Majid, A. (2011). Perencanaan pembelajaran mengembangkan kompetensi guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masqon, D. (2012). Al Lughah al ‘Arabiyah: Ta’limuha wa Ta’allumuha fi Indunisiya al Haditsah (Qira’ah Waqi’iyah Namudzajiyah). Jurnal Tsaqafah, 8(1), 211–230.

Muhaimin, M. A. (2015). Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah). Jakarta: Prenada Media.

Noor, F. (2018). Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 2(1), 1–22.

Rifa’i, A. (2007). Evaluasi pembelajaran. Semarang: UNNES Press.

Rifa’i, A. (2009). Desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: UNNES Press.

Rohman, F. (2014). Strategi Pengelolaan Komponen Pembelajaran Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 64–78.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shobirin, A., & Hilmi, D. (2021). Implikasi Manajemen Program Bahasa Arab dalam Mencetak Lulusan Unggul. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 6(1), 15–26.

Sudjana, D. (2000). Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Luar Sekolah Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (1986). Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Usman, H. (2006). Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wijaya, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–18.

Zamzania, A. W. H., & Aristia, R. (2018). Jenis - Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran. Sidoarjo: Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Diterbitkan
2023-12-30
Bagian
Articles