Eksplorasi Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Film: Analisis Film “Hafiz dan Hafizah” Episode 1-4

  • Rofiazka Fahmi Huda Universitas Jambi, Indonesia
  • Firdiawan Ekaputra Universitas Jambi, Indonesia
Kata Kunci: Nilai-nilai pendidikan agama Islam, film serial anak, pembangunan karakter anak

Abstrak

Keberadaan film seringkali tidak hanya sebatas memberikan tontonan atau hiburan tetapi juga bertujuan memberikan tuntutan. Terutama untuk film anak. Salah satunya adalah film “Hafiz dan Hafizahâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam serial “Hafiz dan Hafizah†dalam episode 1-4. Jenis penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan pendekatan pragmatik. Data penelitian yang digunakan dalam kajian penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui sumber primer dan sekunder dengan teknik dokumentasi dari berbagai literatur mengenai film “Hafiz dan Hafizahâ€.  Data yang telah diperoleh, selanjutnya dilakukan analisis menggunakan teknik content analysis. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa serial “Hafiz dan Hafizah†mampu menyajikan nilai ibadah, akhlak, dan kerja sama dalam setiap adegan. Media film memberikan pengaruh yang besar terutama pada anak-anak dalam pembentukan nilai agama, sikap, dan etika. Orang tua perlu memperhatikan tontonan anak terutama film yang mendidik untuk pembentukan karakter dan nilai keislaman.

Referensi

Amini, N. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA, 09(02), 199–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6702

Angraini, D., & Permana, I. (2019). Analisis Novel. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(4), 535–542.

Arito, A., Husniyah, F., & Ramadhanisnaini, N. M. (2022). Model Pendidikan Nilai dengan Orientasi Pemberdayaan Peserta Didik. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(2), 193-210.

Arsyad, L., Akhmand, E., & Habibie, A. (2017). Membekali Anak Usia Dini Dengan Pendidikan Karakter: Analisis Cerita Film Animasi Upin dan Ipin. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 5(1), 59–71. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.02.5

Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).†Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74–86.

Chofifah, S. N. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Animasi Nussa Episode 1-5. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo.

Dahlan, F., Alwi, A. M. S., & Sapada, A. O. (2021). Toleransi dan Pendidikan Karakter Anak Sejak dalam Keluarga; Pemukiman Toraja Kelurahan Jongaya Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 1–12. http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi

Ekaputra, F. (2020). Efektivitas Penerapan Poseidon Meeting Classroom berbasis Pendekatan Ilmiah Materi Stoikiometri Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 59–65. http://vektor.iain-jember.ac.id

Ekaputra, F., & Hasanah, E. (2021). Peningkatan aktivitas belajar melalui implementasi media virtual laboratorium kimia pada masa pandemi covid-19. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 11(1), 11–16. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v11i1.348

Ermawati, N., & Mahmudah, S. (2015). Pengaruh Film Animasi Terhadap Perkembangan Berbicara Anak. PAUD Teratai: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–6.

Fuldiaratman, Rusdi, M., Harizon, Dewi, F., & Ekaputra, F. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Laboratorium Virtual Berbasis Aplikasi Construct Bagi Guru SMA Negeri 5 Muaro Jambi. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1346–1353. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3145

Haryanto, Ernawati, M. D. W., Fuldiaratman, Afrida, & Ekaputra, F. (2023). Implementasi Aplikasi PhET Simulation dalam Pembelajaran MIPA Berbasis Eksperimen. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1372–1379. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3160

Herlina, I., Suryana, A., & Alwahid, M. A. (2022). Learning Design Cooperative Learning Inside-Outside Circle in Indonesian Language Lessons at Madrasah Ibtidaiyah: A Literature Review. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(2), 168–194.

Ilsa, F. N., & Nurhafizah. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1080–1090.

Imanto, T. (2007). Film Sebagai Proses Kreatif Dalam Bahasa Gambar. Jurnal Komunikologi, 4(1), 22–34.

Kasim, A., Abunawas, K., & Arkal, A. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Pada Ayat-Ayat Tasybih Dalam Surah Al Baqarah (Analisi Ilmu Bayán). Jurnal ISTIQRA, 10(1), 61–73.

Khodijah, S., Kamal, M., & Sahal, Y. F. D. (2019). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Serial Anak Upin & Ipin Season Ke 10. Tarbiyah Al-Aulad |, 4(1), 57. http://riset-iaid.net/index.php/TA

Muhammad, H. (2020, April 1). Bermula dari Boneka, Kini Muncul Animasi Hafiz dan Hafizah. Republika. https://ameera.republika.co.id/berita/q83yn0380/bermula-dari-boneka-kini-muncul-animasi-hafiz-dan-hafizah

Nly, & end. (2021, December 30). 5 Fakta Hafiz & Hafizah, dari Boneka ke Animasi. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20211229203406-220-740300/5-fakta-hafiz-hafizah-dari-boneka-ke-animasi/1

Putri, R., Murtono, M., & Ulya, H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Film Animasi Upin dan Ipin. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1253–1263. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1401

Rismoyi, M. (2021, June 12). Satu Lagi Animasi Indonesia yang Disenangi Sampai Luar Negeri. DetikHot. https://hot.detik.com/tv-news/d-5603354/satu-lagi-animasi-indonesia-yang-disenangi-sampai-luar-negeri

Sanova, A., Afrida, & Ekaputra, F. (2022). Pengembangan Aplikasi Platform Open Course Berorientasi PjBL Dan Case Study Berbasis Gamifikasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 142–150.

Yuliana, N., Dahlan R, M., & Fahri, M. (2020). Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 15–24.

Diterbitkan
2023-12-30
Bagian
Articles