Supervisi Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-Qurân

  • Ruqoyyah Ruqoyyah Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang, Indonesia
  • Wasik Wasik Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang, Indonesia
Kata Kunci: Supervisi pembelajaran, Metode pembelajaran, Teknik supervisi akademik

Abstrak

Penerapan sebuah metode pembelajaran membutuhkan bimbingan dan pengawasan. Dalam banyak kasus, para guru sering dituntut untuk menjalankan sebuah metode baru tanpa ada bimbingan dan pengawasan. Terdapat salah satu penerapan metode pembelajaran yang menyediakan bimbingan dan supervisi, yaitu penerapan metode pembelajaran Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an. Hal ini layak untuk dikaji. Untuk itu penelitian ini ditujukan untuk  mengungkap bagaimana penerapan kegiatan supervisi tersebut dengan berfokus pada tiga hal yaitu: langkah-langkah, teknik serta faktor penghambat dan pendukung kegiatan supervisi tersebut. Penelitian dilaksanakan di dua lokasi: SMPN 1 Sampang dan SDN 1 Dalpenang Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya: observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap sumber terkait. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pertama, Tahapan pelaksanaan Supervisi di kedua lembaga meliputi supervisi harian, mingguan dan bulanan. Kedua, Teknik pelaksanan supervisi metode Ummi di kedua lembaga berupa teknik individu dan kelompok. Tehnik supervisi individu berupa kunjungan kelas, pertemuan individu dan observasi dokumen sedangkan tehnik kelompok berupa kunjungan sekolah, rapat evaluasi dan demonstrasi mengajar. Ketiga, Faktor pendukung dari penerapan supervisi metode Ummi di kedua lembaga adalah dukungan dari kepala sekolah dan orang tua yang mendorong supervisor untuk terus melakukan supervisi, keaktifan supervisor dan kesejahteraan guru serta fasilitas yang memadai. Faktor penghambatnya adalah kurangnya waktu supervisi dan minimnya supervisor yang tidak sebanding dengan banyakya kelompok yang ada. Hasil penelitian berimplikasi agar supervisor lebih dapat menekankan tujuan dari supervisi, agar tidak dipahami kegiatan supervisi sebagai bentuk pengawasan tetapi sebagai kegiatan pendampingan dan bimbingan.

Referensi

Al-Munawi, A. al-R. (1972). Faidh Al-Qadir: Syarh Al-Jami Al-Shaghir. Beirut: Darul Ma’rifat.

Arikunto, Suharsimi. (2004). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta

Budiyati, E. N. (2021). Supervisi Pembelajaran Tahfizhul Qur’an Berbasis Grup Whatsapp di Masa Pandemi Covid-19. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 6(1), 61-70.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya (Vol. 2). Jakarta: Kencana.

Burhanuddin, et al. (2007). Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan dan Penerapan Profesional. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Emzir, A. D. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Fadoli, A., & Naziha, S. (2022). Reception of the Qur'an on Social Media: Case Study of Qur'an Interpretation on the Instagram Account@ quranreview. WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(2), 150-159.

Fauziah, fauziah. (2017). Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 2(1), 36-60

Haliska, H., Nurita, I., Juniansyah, J., & Suratman, S. (2020). Implementasi Kurikulum Metode Ummi Kelas Tahfidz. El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, 93–106.

Indra, D. (2016). Pelaksanaan Manajemen Program Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji Di Provinsi Sumatera Barat: Study Komparatif Di Tiga Daerah. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 101–114.

Iryani, E. (2017). al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 66–83.

Ismiati, I., & Setiawan, U. (2023). Pendampingan Santri Dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an Menggunakan Metode Ummi Di Desa Ciseureuh. Sivitas: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 47–56.

Kementerian Agama R. I. (2014). al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Hati Emas.

Ma’mun, M. A. (2018). Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 2–10.

Mahsun, A. (2020). Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al Qur' An Berbasis Gerakan Madrasah Furudhul Ainiyyah. In Prosiding Seminar Nasional Sains, Teknologi, Ekonomi, Pendidikan dan Keagamaan (SAINSTEKNOPAK) (Vol. 4, No. 1), 101-105

Maolani, R. A., & Cahyana, U. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Moleong, L.J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya

Mufidah, Luk-Luk Nur. (2009). Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Teras.

Mukhtar, I., & Iskandar, I. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.

Munawaroh, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Darussalam Sangatta Kutai Timur. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 4(1).

Nurjanah, W. (2018). Pelaksanaan supervisi proses pembelajaran al-qur’an metode ummi (studi kasus di Madrasah Diniyah Al-Qur’an Al-Ihsan). Skripsi. Ponorogo: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo.

Prasojo, L. D., & Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava media.

Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46–52.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95.

Rofi, S., Huda, H., & Karimah, A. (2021). Implementasi Metode Ummi Dalam Membentuk Generasi Qur’ani Di SMA Al-Furqan Jember. Lombok Journal Of Science, 3(2), 43–47.

Sa’diyah, H. (2023). Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Peserta Didik Di SD Muhammadiyah 02 Cileungsi. Skripsi. Bekasi: Universitas Islam “45†Bekasi.

Saputra, I. (2018). Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Di MTs Roudlotul Huda Purwosari. UIN Raden Intan Lampung.

Siregar, A., Chairunnisa, A. M., Syaifullah, M., Sitepu, N. P. S. B., & Herman, N. A. S. (2022). Strategi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 526–535.

Suryabrata, S. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Wasik, W., Sari, M., Usman, M., & Shofa, H. Z. (2023). Akselerasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Qur’ani Sidogiri. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(1), 102–111.

Wasik, W., Zainuddin, A., & Karim, A. M. (2022). Fitrah Manusia Dalam Pandangan Islam. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 284-298. https://doi.org/10.36420/ju.v8i2.5812

Diterbitkan
2023-12-30
Bagian
Articles