تقويم برنامج ترقية مهارات اللغة العربية في مجموعة الكندي في جامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج
Abstrak
Di dunia akademik, menguasai bahasa asing merupakan hal yang sangat penting. Komunitas Al-Kindy merupakan komunitas untuk mengasah kemampuan berbahasa Arab bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Diantaranya melalui program debat bahasa Arab, publik speaking, membaca kitab, membaca berita, bernyanyi arab, puisi dan kaligrafi. Peneliti bermaksud menganalisis program kegiatan yang ada di komunitas Al-Kindy karena komunitas ini telah berhasil melahirkan beberapa mahasiswa yang yang menorehkan prestasi d bidang Bahasa Arab baik berskala nasional ataupun internasional. Penelitian ini bertujuan pertama, mendeskripsikan tujuan program Al-Kindy. Kedua, mendeskripsikan pelaksanaan program al-Kindy. Ketiga, mengetahui hasil evaluasi yang dilakukan peneliti terhadap program al-Kindy. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kombinasi kualitatif dan kuantatif dengan menggunakan Skala Likert. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, tujuan umum program al-Kindy, yakni meningkatkan keterampilan berbahasa Arab mahasiswa serta mengikuti setiap kompetisi Bahasa Arab untuk level mahasiswa. Kedua, pelaksanaan program al-Kindy meliputi kegiatan yang dilaksanakan setiap akhir pekan di dalam kampus yang dibimbing oleh para dosen dan alumni Al-Kindi yang sudah berpengelaman. Ketiga, hasil evaluasi yang dilakukan peneliti terhadap program peningkatan keterampilan di Al-Kindy menunjukkan prosentase 84% yang berarti baik sekali.
Referensi
Ambiyar, A & Dewi, M. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Bandung: Alfabeta.
Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Arikunto, S. (1988). Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Kedua). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan (Kedua). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ayuningtyas, A. E., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Evaluasi Program Pelatihan in House Training (IHT) di Sekolah Dasar Swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 171. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p171-183
Fatim, A. L. N., Amin, A. F., Nurrahman, T., & Arifa, Z. (2020). Manajemen Perencanaan Program Festival Jazirah Arab untuk Mengembangkan Bahasa dan Seni Arab. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab, 22(01), 37. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i01.1755
Hendra, F. (2018). Peran Organisasi Mahasiswa dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(1), 103–120. https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7480
Jamil, Z. A. (2020). Evaluasi Program Ma’had Aljamiah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (Penerapan Model CIPP Dan DEM). Jurnal Evaluasi Pendidikan, 11(2), 41–50. https://doi.org/10.21009/10.21009/JEP.0121
Kurniawan, D. (2013). Evaluation on foreign language development program. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 4(1), 1-11.
Mahliatussikah, H. (2015). Pembelajaran Puisi: Teori dan Penerapan dalam Kajian Puisi Arab. Universitas Negeri Malang.
Mufidah, N., & Nuryani, W. R. (2019). Self Regulated Learning dan Self Efficacy Mahasiswa Tim Debat Bahasa Arab al-Kindy. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 13. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.625
Muradi, A., Noor, F., Hilmi, D., Syarif, J., & Hakim, A. R. (2021). The Implementation of Foreign Language Learning for PTKIN Students in Indonesia. Journal of Positive Psychology & Wellbeing 6(1), 9.
Rois, I. N. (2021). Peran Mahasiswa Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Bahasa Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Al-Muharrir STAI Masjid Syuhada Yogyakarta. In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 5, pp. 216-227).
Supriyadi. (2013). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.
Tamam, F. F., Mustofa, M. A., & Alhasani, M. U. (2019). Pengaruh Perlombaan Qira’atul Kutub Mahrojan Arabi Terhadap Motivasi Pembelajaran Qira’ah Dan Nahwu Di Kalangan Mahasiswa JSA UM. In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 3, pp. 329-341).
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.